- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Ksatria Airlangga terus berinovasi menghadirkan produk kreatif dalam memecahkan permasalahan di Indonesia. Stunting masih menjadi perhatian utama bidang kesehatan dalam membentuk insan yang cerdas dan sehat masa depan. Saat ini, Indonesia memiliki target menurunkan angka stunting mencapai angka 14 persen. 

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa dalam bidang Kewirausahann (PKM-K) tahun 2024, tim mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) Universitas Airlangga (UNAIR) Banyuwangi menghadirkan Sopimeal Gummy. Mereka adalah Dian Wahyu Wardani (Angkatan 2022), Syahrul Novenda Ramadhanny (Angkatan  2021), Dwi Nanda Rachman (Angkatan  2021), Anzilika Avia Syafitri (Angkatan 2022), dan Siti Nur Anisatul Khariroh (Angkatan 2022)

Produk Gummy Disukai Anak

Perwakilan tim, Syahrul Novenda Ramadhanny mengatakan Sopimeal Gummy merupakan permen gummy sehat. Olahan pangan yang lembut dan keras menjadi salah satu makanan yang disukai oleh anak kecil. Lewat inovasi berbasis cemilan tersebut akan mencegah stunting balita dengan peningkatan angka kecukupan gizi.

ads

“Gummy ini banyak disukai anak balita karena mudah untuk dikonsumsi bagi anak-anak,” katanya.

Berbahan Utama Bayam, Kedelai dan Oatmeal

Terdapat tiga bahan utama penyusun permen kenyal itu yaitu bayam, kedelai dan oatmeal. Bayam memiliki kandungan gizi yang baik untuk pencegahan stunting seperti energi, protein, lemak dan karbohidrat serta dapat meningkatkan ketahanan pangan keluarga dengan memanfaatkan bahan pangan lokal. Bayam hijau memiliki kandungan zat besi yang tinggi. 

“Kebutuhan zat besi pada balita digunakan untuk memproses oksigen dalam darah dan membentuk sel darah merah di sumsum tulang,” tuturnya.

Kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati. Kadar protein yang tinggi dalam kedelai dapat menjadi upaya untuk mengatasi stunting pada anak serta memperbaiki dan menggantikan sel yang rusak jika diperlukan. Oatmeal memiliki kandungan protein, karbohidrat, serat, mineral, serta lemak sehat yang dapat membantu tumbuh kembang balita. Kandungan serat yang terdapat pada oatmeal juga dapat memperlancar sistem pencernaan balita. Memberikan oatmeal pada balita juga dapat membatasi asupan gula tambahan yang dapat menyebabkan obesitas pada anak

“Dengan kandungan zat gizi yang banyak pada oatmeal, maka oatmeal juga dapat dipercaya untuk dapat mencegah stunting,” ucap Syahrul.

Syahrul berharap lewat inovasi produk Sopimeal Gummy membantu dan berkontribusi dalam pemenuhan angka kecukupan gizi guna mencegah stunting. Sehingga mencapai penurunan angka kejadian stunting di Indonesia hingga sebesar 14 persen.

(nald)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!