- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Jember) – Menyukseskan program Bangga Kencana, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai mitra, salah satunya dengan Universitas Negeri Jember (UNEJ), khususnya Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Sukaryo Teguh Santoso, Jumat (18/9/2020) mengatakan Univesitas Negeri Jember khususnya Fakultas Kesehatan Masyarakat banyak membantu sosialisasi program Bangga Kencana ke mahasiswa. Bahkan, banyak skripsi yang membahas tentang program Bangga Kencana beberapa tahun terakhir.

“Kerjasama ini harus terus ditingkatkan, apalagi sejak tahuh 2018 kemarin, Perwakilan BKKBN Jatim melalui Bidang Pelatihan dan Pengembangan (Latbang) juga telah menggandeng para akademisi untuk melakukan penelitian yang telah melahirkan puluhan jurnal baik Jurnal Nasional maupun Jurnal Internasional yang dikenal dengan nama Tim Analis Lanjut Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur“, kata Teguh.

 

ads

Teguh menambahkan dari jurnal-jurnal yang telah dibuat oleh para peneliti dari berbagai universitas negeri ini, outputnya sangat bagus khususnya bagi program Bangga Kencana. Selain jurnal yang harus dipublish, juga menghasilkan poster yang sangat dibutuhkan oleh BKKBN serta policy brief yang menjadi bahan masukan bagi pemangku kebijakan dalam rangka mengambil keputusan terkait kependudukan.

Kasubid Program dan Kerjasama, Totok Akbar Sriyudianto, mengatakan, kerjasama antara BKKBN dengan UNEJ terjalin mulai tahun 2018 lalu dalam kegiatan analis lanjut. Kemudian berlanjut ke analis lanjut tahun 2019 lalu dan bantuan penulisan karya ilmiah atau skripsi untuk lima orang mahasiswa FKM.

Pada tahun 2020, ada 4 mahasiswa yang berhasil mendapatkan bantuan karya ilmiah atau skipsi dan Dimas Bagus C yang mewakili FKM UNEJ dalam Tim Anjut 2020 yang tengah menyelesaikan jurnal bersama perwakilan dari UNESA dan dari Latbang BKKBN Jatim.

Wakil Dekan Bidang Akademik FKM UNEJ, Dr Anita Dewi Prahastuti Sujoso SKm MSc, mengungkapkan kebanggaan FKM UNEJ bisa menjadi mitra Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

“Kami berharap kerjasama ini bisa terus dan kami ingin ada MOU lagi antara Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur dengan FKM UNEJ agar kerjasama ini bisa menyukseskan program Bangga Kencana,’” kata Anita.

Anita menjelaskan ada beberapa prodi di FKM UNEJ ini yang bisa bekerjasama dengan beberapa bidang di BKKBN. Untuk itu, FKM UNEJ akan pro aktif untuk menjalin komunikasi agar kerjasama kedepan sesuai yang diharapkan.

Acara kunjungan ini diakhiri dengan presentasi terkait penelitian yang tengah dilakukan oleh Tim Anjut Ali Imron dari UNESA dan Dimas Bagus dari FM UNEJ yang membahas tentang Determinan yang Memengaruhi Perencanaan Berkeluarga bagi Remaja di Jawa Timur. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!