- iklan atas berita -

Metro Times (Kebumen) BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen melaksanakan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kebumen terkait vaksinasi Covid-19 yang rencananya akan dimulai pada pekan kedua bulan Januari 2021. Kegiatan ini dilakukan karena penanganan dan pengendalian penyebaran Covid 19 membutuhkan sinergi dari seluruh elemen bangsa.

Acara koordinasi ini dilakukan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen pada Rabu (6/1) yang dihadiri oleh 35 Kepala Puskesmas dan 6 Direktur Rumah Sakit Kabupaten Kebumen yang terpilih untuk melakukan vaksinasi. Koordinasi ini dilakukan agar kegiatan vaksinasi dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen, Wahyu Giyanto menjelaskan tentang dukungan dan peran BPJS Kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“BPJS kesehatan mendukung vaksinasi Covid-19 dalam rangka upaya penanganan penyebaran Covid-19. Peran dan dukungan BPJS Kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi adalah penyediaan aplikasi Primary Care Vaksinasi Dinas Kesehatan (Pcare Vaksinasi Dinkes) yang dapat digunakan Dinas Kesehatan untuk melakukan pendaftaran fasilitas kesehatan yang akan memberikan pelayanan vaksinasi (faskes vaksinator), penyediaan PCare Vaksinasi Faskes yang digunakan faskes vaksinator untuk melakukan pencatatan pelayanan vaksinasi dan melakukan sosialisasi aplikasi PCare vaksinasi kepada Dinas Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan. ” Tutur Wahyu Selasa (6/1).

Wahyu juga menambahkan bahwa terkait tahapan, sasaran penerima vaksin, kriteria fasilitas kesehatan vaksinator dan ketentuan lain pada pelaksanaan vaksinasi Covid 19 diatur oleh Kementerian Kesehatan maupun Tim Pelaksana Komite PCPEN (Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional).

ads

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, Dwi Budi Satrio menuturkan persiapan vaksinator yang sudah ditunjuk siap untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi.

“35 Puskesmas dan 6 Rumah Sakit yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen sudah siap untuk melakukan vaksinasi Covid-19.. Pelatihan dan pendidikan sudah dilakukan kepada vaksinator sehingga di lapangan nanti diharapkan sudah handal. Vaksinasi ini dimulai secara serentak pada tanggal 14 Januari 2021 dan pada tanggal 13 Januari 2021 akan dilakukan simulasi terlebih dahulu.” Tutur Budi. (DNL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!