- iklan atas berita -

Metro Times (Yogyakarta) Siapa yang tak kenal dengan sosok penguasa Keraton Ngayojokarto Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Namun, siapa sangka jika dibalik segala hal yang Ia miliki, Sultan HB, adalah sosok sederhana yang sering membuat kagum publik.

Baru-baru ini, banyak netizen membicarakan gaya berkendara Sultan HB X yang viral setelah dibagikan oleh seorang pengguna Facebook bernama Agung Kris. Ia menceritakan dirinya kebetulan berada di belakang mobil Sultan HB X saat berhenti di sebuah perempatan lampu merah.

Peristiwa penampakan mobil Sultan HB X itu sendiri terjadi di simpang Borobudur Plaza, Jalan Magelang Kota Yogyakarta pada pukul 19.30 WIB.

Agung memuji sosok Ngarso Dalem yang sederhana dan santun. Dirinya juga bercerita menjadi saksi mata kesopanan Sultan HB X saat mengendarai mobil yang sama sekali tidak menyerobot lalu lintas.

“Edisi kebetulan ketemu di jalan. Sederhana dan santun,” tulis Agung Kris di Facebook seperti dikutip olehSuara.com, Kamis (27/5/2021).

ads

“Beliau aja santun, masa yang lain serobotan. Monggo buat panutan kita semua khususnya warga Yogyakarta yang santun dalam berlalu lintas,” tambah Agung.

Postingan Agung di medsos langsung banjir komentar dari warganet. Mereka memuji Sultan HB X, bahkan ada yang membandingkan dengan “pejabat” lain yang seringkali petentang-petenteng saat menggunakan jalan raya.

“Kui bedane Sultan di Jogja sama sultan di luar sana. Kalau di luar sana ‘Sultan mah bebas’, tapi di Jogja ‘Sultan mah panutan’,” puji warganet.

The real of Sultan menjaga anggah ungguh dan kehormatannya bukan arogansi dan foya-foya,” tambah yang lain.

Sultan Jogjakarta sebagai gubernur yang selalu menjadi panutan rakyatnya. Jadi beliau tetap mematuhi lalu lintas seperti halnya kita sebagai rakyat,” puji warganet.

Ngarso dalem memang se-sederhana itu. Pernah suatu ketika saya makan buat ulang tahun anak saya. Ternyata sebelah saya pas itu ngarso dalem sak keluarga komplit sak anak mantune. Sampai kita enggak sadar, sadarnya pas mau pulang Gusti Ratu Hemas mendatangi anak saya karena memang dasarnya beliau suka sama anak kecil,” cerita warganet.

“Saya pernah sama suami di area perempatan Kali Mambu waktu itu ada rombongan pejabat dikawal polisi. Didepan saya persis ada mobil kanjeng Sultan ikut berhenti ketika ada polisi menghampiri mempersilahkan lewat sepertinya dari gelagat sopirnya bilang mau nunggu bareng-bareng mobil yang lain dan motor yang lainnya. Masya alloh saya jadi kerasan di Yogyakarta, Yogyakarta istimewa,” beber warganet.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!