MetroTimes (Sidoarjo) –Dalam upaya menyukseskan pelaksaaan pendidikan dasar keprajuritan di Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal), Satuan Kesehatan (Satkes) Kodiklatal menggelar pemeriksaan kesehatan secara rutin kepada seluruh siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLI/1 yang dilaksanakan di Gedung Agung Puslatdiksarmil Juanda Sidoarjo, Rabu, (29/12).

Pemeriksaan kepada sebanyak 823 orang siswa Dikmata TNI AL Angkatan XLI/1 tersebut dipimpin langsung Kepala Satuan Kesehatan (Kasatkes) Kodiklatal Letkol Laut (K) dr. Iwan Sutanto, S.P., OT., M.Tr Hanla dan dihadiri Direktur Pendidikan (Dirdik) Kodiklatal Laksma TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si. serta Komandan Sekolah Tamtama (Danseta) Puslatdiksarmil Kodiklatal.

Pemeriksaan yang dilaksanakan meliputi, kesehatan bagian luar tubuh, postur, mata, gigi, Telinga Hidung Tenggorokan (THT), alat reproduksi, hingga anus. Selain itu juga dilaksanakan pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kulit dan pemeriksaan jantung.

Mengingat, dalam pelaksanaan pendidikan dasar keprajuritan di Pusladiksamil ini banyak berkaitan dengan kegiatan fisik, sehingga dibutuhkan kesehatan yang prima, oleh sebab itu melalui pemeriksaan kesehatan ini diharapkan dapat meminimalisir kendala-kendala di lapangan yang diakibatkan masalah kesehatan.

Pendidikan Dasar Keprajuritan yang dilaksanakan di Puslatdisarmil ini untuk siswa Pendidikan Pertama (Dikma) dilaksanakan selama lima bulan terdiri Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) selama tiga bulan dan Pendidikan Dasar Golongnan (Diksargol) selama dua bulan. Sesudah dilantik dengan pangkat baru untuk selanjutnya para siswa ini melanjutkan Pendidikan Dasar Golomgan Lanjutan (Diksargolan) di Pusdik-pusdik sesuai Korps-nya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini