- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Sidoarjo) —Dalam upaya menghadapi penugasan di Laut yang penuh tantangan supaya dapat melaksanakan dengan profesionalisme, Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) membekali siswa kemampuan dan keahlian selam yang dilaksanakan di Kolam Renang Tirta Krida Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (PuslatdiksarmiI) Kodiklatal yang berlokasi di Juanda Sidoarjo, Selasa, (21/12).

Siswa yang mendapat kesempatan latihan praktek (lattek) selam ini berasal dari Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum). Tujuannya selain membekali siswa dengan kemampuan selam juga dalam rangka menambah kemampuan fisik para siswa.

Para siswa Dikmaba ini mendapatkan pelatihan langsung dari instruktur profesional yang berdinas di Sekolah Selam (Seselam) Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus) Kodikopsla Kodiklatal. Sebelum melaksanakan latihan praktek selam para siswa ini mendapatkan pembelajaran beberapa tahapan teori-teori sebelum proses latihan menyelam.

Tahap pertama sekaligus awal latihan, para peserta menerima beberapa materi penting, seperti pengenalan alat selam scuba, test kemampuan renang meliputi water trapen selama 10 menit dan tahan napas dalam air (Apnea) selama 30 detik serta renang tanpa alat.

ads

Selain itu, peserta juga mendapat pelatihan penguasaan alat, seperti masker clearing dan snorkel clearing, finswiming, mouthpice clearing serta menyelam.

Sementara itu, untuk tahap akhir para siswa akan mempraktekkan menyelam dengan alat scuba sampai di dasar Kolam. Selama proses latihan menyelam menggunakan scuba ini para siswa didampingi para instruktrur. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!