- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Sedikitnya 40 petani jambu keistal mengikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Petani/Pelaku Usaha Holtikultura oleh Ditjen Hortikultura Kementrian Pertanian RI, di Hotel Sanjaya Inn, Selasa (07/09/2021).

Kegiatan ini merupakan aspirasi Anggota Komisi IV DPR RI, Vina Ervita, dari Fraksi PDI Perjuangan, Dapil VI Jateng (Purworejo, Magelang Raya, Temanggung, Wonosobo)

Bimtek, dengan materi Teknologi Budidaya dan Pengolahan Hasil Jambu Kristal, bimtek dibuka secara virtual oleh Dr. Inti Pertiwi Nashwari, Direktur Perlindungan Hortikultura, Kementrian Pertanian.

Turut menghadiri acara, Eko Anang SW, selaku Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura. Bimtek menghadirkan pemateri, Indra Setyo Basuki, yang mengupas materi budidaya jambu kristal dan Pratomo,

Memberikan sambutan secara virtual, Vita Ervina menyampaikan, bahwa pihaknya dengan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian saling bersinergi dan berkomitmen dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para petani.

ads

Sektor pertanian, kata Vita, merupakan salah satu bidang yang mampu bertahan dan tetap bertumbuh positif di tengah efek domino akibat pandemic covid 19 yang berkepanjangan, dan belum tahu kapan akan berakhirnya.

“Dengan kegiatan Bimtek ini, salah satu strategi program aksi dukungan Pemerintah kepada sektor pertanian dalam upaya membangun Indonesia Tangguh melalui pembangunan pertanian,” jelas Vita.

Dipilihnya komoditi jambu kristal, menurut Vita, karena itu merupakan kelanjutan dari aspirasi masyarakat khususnya di Desa Munggangsari, Kecamatan Grabag, yang dikenal sebagai petani jambu kristal.

“Aspirasi itu kita tindak lanjuti dengan pelatihan terkait dengan peningkatan nilai tambah jambu kristal, bagaimana mengolah jambu kristal menjadi aneka panganan,” ungkap Vita.

Dijelaskan pula oleh vita, peran DPR dalam mendukung sektor pertanian, dalam kedudukannya mempunyai tiga fungsi utama, yaitu, Legislasi (membuat dan menetapkan undang-undang untuk dilaksanakan oleh pemerintah sebagai eksekutif/eksekutor), Anggaran (secara umum DPR membahas anggaran belanja negara untuk pelaksanaan program kementerian), serta Pengawasan (untuk menjaga ketersediaan pangan nasional dan melindungi kepentingan petani).

Beberapa upaya dan kebijakan pembangunan di sektor pertanian dilakukan oleh Pemerintah, kata Vita, bertujuan untuk meningkatnya produksi dan cadangan pangan nasional melalui pengembangan Kampung Hortikultura.

meningkatnya nilai tambah komoditas pertanian dan kesejahteraan petani melalui Penumbuhan UMKM Hortikultura (sarpras dan pengolahan hasil), dan tersedianya dukungan sarana dan prasarana dalam pengembangan Kawasan Sentra Produksi Pangan berbasis korporasi, melalui Digitalisasi Pertanian melalui pengembangan Sistem Informasi (SI).

“Maka perlu perhatian khusus untuk mengupayakan agar jambu kristal Purworejo mampu bersaing dari segi kualitas dan hasilnya dapat dipasarkan dalam bentuk aneka macam olahan. Apalagi Jambu kristal cukup populer di masyarakat, banyak mengandung vitamin C dan E, dan juga ada antioksidannya bagus untuk kesehatan,” ujar Vita.

Dia sangat berharap kegiatan bimtek ini dapat memberikan manfaat pengetahuan tambahan dan terbaru, pencerahan, motivasi, dan semangat yang kuat, khususnya kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Purworejo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!