Nuzulul Qur’an, Gus Ilyas Emban Amanah Pimpin Rijalur Ansor Kendal

0
535
Pengurus Rijalur Ansor Kendal masa khidmat 2020-2024 dilantik.

Metro Times Kendal – Hajat besar digelar Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Kendal Jawa Tengah di malam ke 21 bulan Ramadan tahun ini. Kepengurusan badan semi otonom Ansor yakni, Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalur Ansor dikukuhkan.

Pelantikan kepengurusan Rijalur Ansor digelar di Padepokan Pring Jagat di Kelurahan Sukodono Kendal Jawa Tengah.

Gus Ilyas usai dilantik untuk mengemban amanah sebagai Ketua Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalur Ansor Kendal menyampaikan, akan membawa organisasi Majelis Dzikir Rijalur Ansor dengan berpedoman pada visi misi organisasi. Salah satu dari misi yang akan dijalankan selama menjabat diantaranya yakni, akan menyatukan kiai-kiai muda NU mulai dari tingkat Kabupaten hingga tingkat ranting yang ada di desa.

“Para gus atau kiai-kiai muda dalam Majelis Dzikir shalawat memiliki sebuah tugas penting untuk menjaga amaliah-amaliah Ahlussunnah Wal Jamaah nahdliyah,” kata pria yang bernama lengkap Muhammad Ilyas yang juga pimpinan Padepokan Pring Jagat, Minggu (2/5/2021).

Di era kali ini, era digitalisasi, kata Gus Ilyas, tugas yang diemban para kiai muda NU sudah tidak sama dengan yang dulu. Para kiai muda NU saat ini dituntut harus bisa berevolusi baru.

Hal ini sama persis dengan tuntutan pemuda di Anshor yang saat ini melaksanakan transformasi media sebagai perjuangan. “Jadi, para gus itu saat ini juga harus siap berjuang lewat media-media,” tandasnya.

Dengan dilantiknya pengurus Rijalur Ansor Kendal masa khidmat 2020-2024, Gus Ilyas berharap jajarannya bisa lebih bersemangat untuk mencapai tujuannya yaitu, Kendal beribadah. “Semoga Kendal terus menjadi lebih baik,” ucapnya.

Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kendal Misbahul Munir mengatakan, Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor merupakan satu komponen yang tidak bisa dipisahkan dengan Gerakan Pemuda Ansor. “Majelis Dzikir dan Sholawat ini adalah sebagai benteng keagamaan yang selama ini kita jalankan, mudah-mudahan pengurus Majelis Dzikir ini segera bisa melakukan kegiatan yang sesuai dengan bidangnya, yaitu bidang keagamaan, kebudayaan, dan melestarikan tradisi keislaman itu terus dapat dijalankan dengan baik,” ujarnya.

Dandim Kendal Letkol Inf Iman Widhiarto memberikan sambutan pada acara pelantikan pengurus Rijalur Ansor Kendal yang diisi dengan peringatan Nuzulul Qur’an.

Sementara itu, Dandim Kendal Letkol Inf Iman Widhiarto selaku penasehat GP Ansor Kendal yang berkesempatan meluangkan waktunya menghadiri pelantikan pengurus Rijalur Ansor menyampaikan, saat ini yang namanya dzikir sangat penting sekali dalam kehidupan sehari-hari.

“Dzikir itu mengingat Allah SWT, sangat penting sekali bagi kita dalam setiap tindakan yang dilakukan sehari-harinya agar dikaitkan dengan Allah. Hal ini sangat selaras dengan Pancasila, sila pertama,” kata Dandim.

Dikatakan Dandim, jika seseorang senantiasa mengingat Tuhannya, maka akan terhindar dari perbuatan-perbuatan yang dilarang Tuhannya.

Dandim juga mengaku bersyukur bisa hadir ditengah-tengah para kiai muda NU dalam pelantikan pengurus Rijalur Ansor Kendal yang didahului dengan peringatan Nuzulul Qur’an dan pembacaan maulid Nabi.

“Di sini saya mengambil barokah, karena bisa duduk bersama orang-orang alim dalam peringatan Nuzulul Qur’an di bulan penuh berkah, bulan Ramadan,” tandasnya.(Gus)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini