- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Perayaan HUT RI Ke-77 yang dilakukan Desa Kalitapas Kecamatan Bener, memiliki keunikan tersendiri. Tak hanya meriah, warga disana juga disajikan pertunjukan seni selama sehari semalam penuh.

Pemerintah Desa Kalitapas, didukung oleh masyarakat, swadaya menyelenggarakan peringatan HUT RI ke-77. Sejumlah pertunjukan seni, mulai dari karnaval, dumb band, dan kesenian tradisional dari Kabupaten Wonosobo yang diundang dalam acara tersebut.

Kepala Desa Kalitapas, Sutikno, diwawancarai awak Media di sela-sela kegiatan karnaval menyampaikan, acara semacam ini sudah berlangsung rutin setiap tahunya. Tahun ini menjadi yang paling meriah sejak pandemi Covid-19.

“Pemerintah Desa Kalitapas, tentu bersama dengan masyarakat mengadakan peringatan HUT RI ke-77 untu memeriahkan hari kemerdekaan kita dan menghormati jasa para pahlawan,” katanya, Senin (29/8/2022).

ads

Dikatakan, acara yang kerap disebut pitulasan ini juga menjadi yang telah ditunggu masyarakat. Pasalnya perayaan tujuh belas Agustus, di tahun-tahun sebelumnya terkendala oleh pandemi Covid-19.

“Masyarakat sangat antusias, terutama kalangan anak-anak muda. Semuanya turut berperan aktif, baik dalam menunjukan kreatifitas seperti pada karnaval ini, dan pentas seni, hingga pembiayaan yang berasal dari iuran masyarakat,” ujarnya.

Sutik menuebut, rangkaian kegiatan dilaksanakan satu hari satu malam. Pertunjukan didominasi oleh kesenian lokal dan senintradisional, yang pada kesempatan kali ini pihaknya mengundang kelompok seni dari luar daerah.

“Kami mengundang grup seni dari Kanupaten Wonosobo sebagai variasi dengan pertunjukan seni lokal,” ucapnya.

Tak hanya pertunjukan seni, lanjut Sutik, panitia juda menyediakan doorprise bagi masrakat. Ia berharap di hari kemerdekaan tahun ini semakin memupuk rasa nasionalisme dan kemauan meneruskan serta menghargai jasa para pahlawan.

“Harapan kami, bahwa kita semua bisa memanfaatkan dan menikmati dan juga bisa mengisi kemerdekaan Republik Indonesia ini yang sudah di perjuangkan oleh pahlawan pahlawan yang sudah gugur lebih dulu,”pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!