- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Dalam rangka meningkatkan kerjasama dalam suatu kelompok sekaligus dalam rangkaian kegiatan Latihan Dasar Bela Negara dan Kepemimpinan, Sebanyak 265 orang Mahasiswa dan Mahasiswi dari Politeknik Negeri Madura mengikuti Out Bond Management Training yang dilaksanakan di lapangan Laut Seram dan Gedung Betelgeuse Kesatrian Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Bumimoro Surabaya, Rabu, (15/12/2021).

Pelaksanaan Out Bond Management Training yang dilaksanakan di tempat terbuka dan tempat tertutup tersebut di bawah koordinator langsung Komandan Pusdiklapa (Danpusdiklapa) Kodikopsla Kolonel Laut (P) Ari Krisdiyanto, M.Tr. Hanla selaku penyelenggara, Out Bond ini melibatkan dua instruksur dari Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut (Dispsial) atas nama Letkol Laut (P) Purwanto, S.Psi dan Kapten Laut (KH) Sutrisno, S.Psi.

Out Bond Management Training ini merupakan salah satu metode pembelajaran melalui experiental learning. Bentuk kegiatannya aplikasi game-game yang ringan, setiap game dalam kegiatan outbound mengandung makna yang dalam, filosofis dan sarat akan pesan-pesan simbolik yang bermanfaat serta membangun karakter ke arah kesuksesan dalam kehidupan, baik kesuksesan di tingkat individu maupun kesuksesan tim atau kelompok.

Metode outbound merupakan metode yang paling efektif dalam mengakomodasi atau kebutuhan tuntutan terhadap hasil suatu pelatihan. Metode ini efektif dalam membangun pemahaman terhadap suatu konsep dan membangun perilaku karakter individu. Karakter akan tertanam dan akan menjadi pribadi individu yang lebih baik.

ads

Selain Out Bond Management Training dalam pelaksanaan kegiatan Latihan Dasar Bela Negara dan Kepemimpinan ini para Mahasiswa dan Mahasiswi Politeknik Negeri Madura juga mendapatkan materi mengenai wawasan kebangsaan, Basic life Suport, etika, penanganan kedaruratan di laut, peraturan baris berbaris, peraturan penghormatan dan Self Defence. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!