- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) TNI Angkatan Laut. Komandan Lantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T. sebagai Inspektur Upacara tabur Bunga peringatan perjuangan Pahlawan Nasional Martha Christina Tijahahu ke-204 Tahun (2 Januari 1818 – 2 Januari 2022), dengan tema “ Dengan Semangat Juang Martha Christina Tiahahu Kita Wujudkan Perempuan Maluku yang Maju dan Cerdas”. Bertempat di Dermaga Irian Lantamal IX Halong Ambon. Senin, (03/01/2022).

Martha Christina Tijahahu adalah seorang gadis dari Desa Abubu di Pulau Nusalaut. Lahir sekitar tahun 1800 dan pada waktu mengangkat senjata melawan penjajah Belanda berumur 17 tahun. Dalam perjuangannya, Martha Christina Tijahahu berperan dalam pertempuran melawan belanda di pulau Saparua tepatnya didesa Ouw, Ullath. Di tengah keganasan pertempuran itu, Martha memberikan Pekikan semangat kepada pasukan Nusa Laut untuk menghancurkan musuh.

Tepatnya tanggal 12 Oktober 1817 Vermeulen Kringer memerintahkan serangan umum terhadap pasukan rakyat. Pertempuran sengit pun tak dapat dihindarkan. Korban berjatuhan dari kedua belah pihak. Ketika akhirnya pasukan rakyat membalas serangan yang begitu hebat.

Berkat pengorbanannya tersebut, pemerintah Maluku membuat monumen untuk mengenang jasa Martha Christina Tijahahu. Monumen Martha Christina Tijahahu menjadi bukti sejarah keberanian wanita maluku dalam membela tanah air tercinta. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai perjuangan para pendahulu, dengan begitu semangat membangun bangsa dan cinta tanah air akan tetap utuh.

Tabur bunga merupakan tradisi sekaligus simbol yang dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Dan yang terpenting sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, kita wajib terus mewarisi semangat dan nilai-nilai kejuangan yang telah diberikan para pahlawan yang telah mendahului.

ads

Hadir dalam Upacara Tabur Bunga peringatan perjuangan Pahlawan Nasional Martha Christina Tijahahu ke-204 Danguspurla III, Wadan Lantamal IX, Kadispora Prov Maluku, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Prov Maluku, Kabid pelayanan Kominfo Maluku, Para Asisten Danlantamal IX, Undangan dari Instansi terkait, Ketua Korcab IX DJA III, Perwakilan Pengurus Korcab IX DJA III, Para BA, TA dan ASN TNI-Polri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!