- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Meski masih dalam suasan pandemic Covid-19, personel Akademi Angkatan Laut (AAL) tetap bersemengat dan tak kendor jalani Tes Kesamaptaan Jasmani yang digelar di Stadion Jala Krida Mandala, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Selasa (2/3).

Para Pejabat Utama dan 100 anggota tetap (Antap) AAL melaksanakan tes Kesamaptaan Jasmani gelombang pertama guna mengukur stamina dan ketahanan fisik sekaligus ada beberapa personel yang melakukan tes Kesegaran Jasmani ini untuk keperluan persyaratan kenaikan pangkat dan usulan pendidikan pengembangan.

Tampak hadir Gubernur AAL Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han), Sekretaris Lembaga AAL Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han). M.Tr.Opsla. beserta Pejabat Utama AAL lainnya yang juga turut mengikuti pelaksanaan tes bersama Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan PNS AAL lainnya.

Usai pelaksananan tes kesehatan berupa cek suhu tubuh, tensi darah dan persiapan lainnya, personel yang telah diatur jumlah dan jaraknya oleh pelatih dari Departeman Jasmani AAL ini, telah siap di garis start lintasan Stadion Jala Krida Mandala.
.
Ketika pluit ditiup petugas lintasan, seketika mereka melesat mengelilingi lintasan stadion selama 12 menit sesuai waktu yang disiapkan untuk Tes Garjas Baterai A ini.
.
Menurut Gubernur AAL, materi Garjas ini menjadi parameter, sejauh mana pembinaan fisik yang telah dilakukan tiap personel satu semester ini. Dinas telah menyiapkan waktu khusus pada hari Selasa dan Jumat untuk berolahraga, membina fisik dilanjutkan hobi olahraga masing-masing.
.
Ia menambahkan, materi Garjas menjadi salah satu aspek yang menentukan bagi prajurit TNI/TNI AL. Materi ini juga akan selalu melekat dalam setiap perjalanan dinas seorang prajurit, mulai dari proses rekrutmen prajurit, persyaratan bagi kenaikan pangkat, persyaratan mengikuti pendidikan dan Garjas reguler satu tahun dua kali.
.
“Oleh karena itu, materi Garjas ini perlu dilakukan pembinaan secara bertahap dan berlanjut dengan pembinaan yang terukur, sehingga menghasilkan out put yang baik, yakni prajurit yang sehat dan memiliki tingkat kesamaptaan yang tinggi,” ujarnya.
.
Dalam pelaksanaan tes Garjas ini, setiap personel harus melaksanakan tahapan tes antara lain Baterai A yakni Lari selama 12 menit minimal menempuh jarak 2,4 Km. Kemudian dilanjutkan Batrai B berupa test Pull up, Sit up, Push up, Shuttle run dan renang, secara berlanjut dari materi satu ke materi lainnya. (nald)

ads

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!