- iklan atas berita -

MetroTimes (Sidoarjo) – Hari Kartini Tahun ini sangat Spesial, Berbarengan dengan Ramadhan 1442, dan masih berlangsung pandemi di Negara Indonesia yang telah berjalan lebih dari satu tahun.

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan memperingati hari Kartini, Pengurus Wilayah (Pengwil) Ikatan Notaris Indonesia (INI) Jawa Timur mengadakan bakti sosial berbagi takjil di bulan Ramadhan 1442 H. Bersama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)
Rumah Tahanan Perempuan Kelas II A Surabaya – Porong, Rabu (21-4-2021).

Ibu-ibu dari Pengwil Jatim INI datang dengan mengenakan baju kebaya tradisional dalam rangka menyambut hari Kartini.

Acara seremonial yang dilaksanakan di Aula Rutan Perempuan Surabaya (Ruperbaya) dengan dihadiri sekitar 40 orang warga binaan sebagai perwakilan.
Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Ibu Kita Kartini, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari UPT Rutan Perempuan Kelas II A Surabaya, Amiek Diah Ambarwati dan sambutan Ketua Pengwil INI Jatim Siti Anggraenie Hapsari S.H, M.H.

ads

Yang istimewa dari kegiatan Baksos INI ada pembacaan puisi Kartini oleh Ibu Justiana, SH, Ketua Bidang Pengayoman dan Perlindungan Profesi, yang membuat hadirin terharu, atas makna kata-kata puisi.

Sedangkan doa dibacakan oleh Ibu Suli Karmiati, SH, Koordinator Bidang Hubungan Antar Daerah Pengwil Jatim INI. Doa disampaikan dengan sangat khusyuk.

Kemudian ada penyerahan hasil kerajinan tangan berupa rajutan topi dan dompet yg dibuat oleh warga binaan kepada Ketua Pengwil INI dan Penasehat Pengwil INI.

Acara ditutup dengan membagikan 175 tas berisi takjil, dilanjut ramah tamah dan mengunjungi ruang tahanan untuk menyapa warga binaan yang tidak ikut seremonial di Aula Rutan.

 

“INI Jatim di hari Kartini dan di bulan Ramadhan mengadakan bakti sosial yang melibatkan wanita-wanita Indonesia. Sehingga makna dan tujuan Kartini dan bulan suci Ramadhan bisa dimaknai dengan benar,” terang Ketua Pengwil INI Jatim Siti Anggraenie Hapsari S.H., M.H., selesai acara kunjungan Ruperbaya.

Ia juga menyampaikan, memilih WBP Rutan Perempuan Surabaya (Ruperbaya) di Porong, karena kami ingin memberikan rasa empati simpati kepada warga binaan, menguatkan mereka, terutama di bulan Ramadhan ini sedikit berbagi agar mereka dalam melakukan ibadah juga khusyuk.

 

Ia menambahkan, karena ini di bulan Ramadhan, kalau biasanya kita sudah baik maka kita harus tambah akhlak moral kita, ibadah kita, memperbaiki diri, introspeksi, manusia tidak luput dari kesalahan. Di bulan ini kita mengurangi hal-hal yang sifatnya menimbulkan dosa, bisa mengerem emosi dan lain sebagainya.

“Peranan wanita sekarang juga cukup besar didalam dunia perekonomian, untuk mengisi pembangunan. Kesempatan yang baik seperti ini jangan disia-siakan dengan melakukan hal-hal yang akhirnya itu tidak ada artinya. Malah merugikan, masa depan juga menjadi sia-sia habis terbuang karena kita harus menunggu di dalam waktu introspeksi diri yang sungguh tidak bermanfaat,” tegasnya.

“Tetaplah menjadi wanita-wanita yang bisa memberikan kontribusi maksimal, berguna setidaknya minimal berkontribusi untuk keluarga. Menjadi bagian dari keluarga, keluarga yang baik, keluarga yang harmonis mendidik anak-anak menjadi anak yang berguna untuk mengisi kemerdekaan, mengisi kekartinian,” imbuhnya.

Sementara UPT Rutan Perempuan Kelas II A Surabaya di Porong Amiek Diah Ambarwati mengatakan, kami sangat berterima kasih atas kehadiran ibu-ibu dari Ikatan Notaris Indonesia (INI) membuat kami semangat, terutama anak-anak bahwa kami tidak dikucilkan, dan masih ada yang peduli dengan mereka.

“Kami juga senang karena kegiatan ini tetap menjalankan protokol kesehatan, dan ibu-ibu Notaris juga sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19,” jelasnya

Warga Binaan Permasyarakatan berjumlah 115 orang dan satu bayi usia 7 bulan.

“Semangat Kartini, ‘Habis Gelap, Terbitlah Terang’, setelah mendapat musibah mereka akan keluar dengan kebahagiaan. Mereka menjalani pidana, dengan perbuatannya itu dia akan menyambut hari yang cerah, semangat yang baru,” imbuhnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!