- iklan atas berita -

 

 

MetroTimes (Bandung) – Satuan Kerja Audit Internal (SKAI) bank bjb kembali menggelar acara tahunan, Workshop SKAI Tahun 2020 yang kali ini bertajuk Enhancing The Role of Internal Audit in The New Normal. Sambutan acara disampaikan oleh Pemimpin SKAI, Dr. Joko Hartono Kalisman, dan dibuka langsung oleh Direktur Utama bank bjb, Bapak Yuddy Renaldy.

Enchancing The Role of Internal Audit in the New Normal
( Peningkatan Peranan Satuan Kerja Audit Intern – Bank bjb di Era Baru )

Acara ini berlangsung dua hari (04 s.d. 05 Desember 2020) dan diikuti oleh seluruh jajaran Auditor Internal bank yang ditempatkan di Kantor Pusat Bandung, serta seluruh jajaran Kontrol Internal yang ditempatkan di masing-masing wilayah di jaringan kantor seluruh Indonesia melalui teleconference. Hadir sebagai Narasumber adalah Bapak Edi Jaenudin (Ketua IAI Jawa Barat) dan Bapak Adi Dharma (Pengawas Senior Otoritas Jasa Keuangan).

Tahun 2020 tak lepas dari kejadian risiko skala  global yang berdampak khususnya bagi dunia perbankan termasuk bank bjb, yaitu Pandemi Covid-19. Kondisi ini menyebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi, menurunnya daya beli masyarakat, hingga meningkatnya pengangguran. Namun demikian, bank bjb masih mampu menunjukkan pertumbuhan yang positif di atas rata-rata perbankan. 

ads

Pertumbuhan bisnis yang tinggi di tengah ekonomi yang kurang kondusif, dapat memperbesar eksposur risiko bagi Bank. Terganggunya komunikasi tatap muka langsung, menurunnya intensitas pemantauan yang terhambat protokol social distancing (jaga jarak) dan travel restriction (pembatasan perjalanan) dapat menimbulkan menurunnya kualitas pengawasan. Menghadapi tantangan ini, SKAI bank bjb harus senantiasa lincah (agile) dan adaptif (adaptive). Mandat dalam Piagam Audit Internal memiliki Visi yaitu “Menjadi stretegic partner yang handal untuk mendukung tugas Direksi dan Dewan Komisaris dalam mencapai sasaran Bank” tidak bisa abaikan dalam kondisi apapun.  Sebagaimana disampaikan oleh Bapak Dr Joko Hartono Kalisman : “ SKAI dalam kondisi new normal harus senantiasa bisa menciptakan kemandirian peranan dengan mengawal kinerja bank tetap terjaga, profit besar dan berkualitas dengan berkomitmen untuk melakukan dan mengimplementasikan  jargon SKAI  Sinergi, Kompeten, Aktif & Independen untuk selalu dikedepankan, menjaga peranan SKAI sebagai konsultan dan meningkatkan kompetensi dan kualitas kerja auditor serta memprovisasi peranan Kontrol Internal Cabang dapat memberikan Added Value sebagai Consulting.

Beberapa highlight  yang telah dilakukan SKAI bank bjb di tahun 2020: 

  1. Agilitas SKAI diuji dengan melakukan lakukan upaya penyesuaian proses audit internal, salah satunya adalah metode Remote Auditing kepada Kantor Cabang dan Perusahaan Anak, sehingga proses audit dapat dijalankan dengan memenuhi protokol kesehatan. 
  2. Penyusunan Piagam, Kebijakan, dan SOP. Saat ini SKAI telah memiliki ketentuan sesuai dengan POJK terbaru dan Standar Profesional Audit Internal dari The Institute of Internal Auditors (IIA). Pekerjaan ini dilakukan secara mandiri oleh Insan SKAI bank bjb.
  3. Pengembangan kompetensi dan sertifikasi Insan SKAI sampai saat ini terus dilakukan dengan pencapaian perolehan sertifikasi yang cukup menggembirakan.
  4. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Audit terus dilakukan untuk memudahkan dalam melakukan pemeriksaan dengan cepat, akurat dan tepat waktu.

“Enhancing The Role of Internal Audit in The New Normal”. New Normal atau Normal Baru menyatakan bahwa SKAI tidak dapat menunggu kondisi kembali pulih seperti semula, tetapi tetap berkinerja baik dalam kondisi apapun, yaitu:

  1. Kecepatan    :    Pengawasan intern tidak boleh memperpanjang atau memperlambat proses bisnis.
  2. Ketepatan    :    Pengawasan intern harus mampu memastikan ketepatan sasaran, jumlah, waktu, kualitas, dan administrasi.
  3. Harmonisasi    :    Pengawasan intern harus mendorong harmonisasi kegiatan antar pihak.
  4. Timeliness    :    Hasil pengawasan intern harus disampaikan tepat waktu, sehingga bermanfaat dalam pengambilan keputusan. 
Enchancing The Role of Internal Audit in the New Normal
( Peningkatan Peranan Satuan Kerja Audit Intern – Bank bjb di Era Baru )

Untuk dapat terus berkinerja baik, SKAI harus terus menerus menyempurnakan diri, melakukan perbaikan secara berkelanjutan (continuos improvement), baik dari segi Infrastruktur, Metodologi Audit, dan Kemampuan SDM-nya.

Dengan semangat baru ini, setiap Insan SKAI didorong untuk terus meng-improve dirinya dengan belajar sebagai sebuah kebiasaan, selalu inovatif, kompak antar Insan SKAI, dan mampu bersinergi dengan unit-unit kerja lain di luar SKAI serta menjadikan fungsi SKAI sebagi mitra dan konsultan yang selalu ditunggu  dan dinanti dengan memberikan rekomendasi yang bermanfaat bagi perusahaan secara keseluruhan dan semangat terus digelorakan slogan jargon SKAI bank bjb : “Sinergi, Kompeten, Aktif dan Independen “, yang dituturkan oleh pemimpin SKAI bank bjb – Bapak Dr Joko Hartono Kalisman diakhir acara workshop. (nald) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!