- iklan atas berita -

 

Metro Times (Bogor) Menuju Taman Sempur, Bogor dengan membawa poster besar bertuliskan “Jauhi Virusnya, Rangkul Orangnya” para anggota Forum Anak (FA) melakukan kampanye untuk memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2019.

Setibanya di Lapangan Sempur, anggota Forum Anak Daerah (FAD) dari DKI Jakarta, Zulfi Muharam bersama anggota FA dari daerah lainnya langsung menghampiri anak – anak, remaja, dan orang dewasa yang sedang berolahraga untuk bercerita dan melakukan sosialisasi terkait bahaya HIV/AIDS dan cara penularannya.

“Virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh. Jika kita berteman dan bermain bersama Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) atau Anak Dengan HIV/AIDS (ADHA), kita tidak akan tertular virus HIV kok. Virus tersebut hanya akan tertular jika kita melakukan hubungan seksual, jarum suntik, transfusi darah, dan ibu hamil yang sedang menyusui,” jelas Zulfi.

ads

Sebelumnya, dalam rangkaian kegiatan Workshop Peran Forum Anak sebagai 2P (Pelopor dan Pelapor) mengenai Bahaya Rokok dan Pentingnya Kesehatan Reproduksi yang diselenggarakan Kemen PPPA pada 29 November -1 Desember 2019, para peserta FA telah mendapatkan pelatihan mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi, terutama dalam menjaga teritorial tubuh oleh Ketua Junior Doctor Network Indonesia, Dokter Andi Khomeini.

“Melalui Workshop terkait bahaya rokok dan pentingnya kesehatan reproduksi bagi Forum Anak, Kemen PPPA ikut berusaha merangkul ODHA atau ADHA. Kami juga selalu berupaya menjamin pemenuhan hak dan tumbuh kembang ADHA. Kami berharap Forum Anak di berbagai daerah dengan sosialisasi secara langsung maupun kampanye di media sosial mampu merangkul ODHA dan ADHA agar tidak terjadi diskriminasi terhadap mereka,” ujar Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Kesehatan dan Kesejahteraan Anak Kemen PPPA, Hendra Jamal’s.

Di depan para orang tua yang sedang berolahraga, Zulfi melanjutkan sosialisasinya bahwa anak seharusnya diberikan pemahaman untuk menjaga kesehatan reproduksi sejak dini, mi nimal di usia 5 tahun. Kita bisa jelaskan tubuh kita bagian mana saja yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh oleh orang lain.

Zulfi merasa kegiatan Workshop Peran Forum Anak sebagai 2P (Pelopor dan Pelapor) mengenai Bahaya Rokok dan Pentingnya Kesehatan Reproduksi yang diselenggarakan oleh Kemen PPPA sangat bermanfaat bagi para anggota FA agar bisa menyalurkan ilmu yang didapat kepada teman – teman di daerahnya masing – masing.

“Ketika kami kembali ke daerah kami masing – masing, kami akan mengajak teman – teman lainnya untuk ikut merangkul ODHA dan ADHA. Mereka juga memiliki Hak Asasi Manusia (HAM), namun pengetahuan masyarakat Indonesia terkait HIV/AIDS memang sepertinya masih minim. Kami juga akan melakukan kampanye melalui media sosial, utamanya melalui akun Forum Anak,” tutup Zulfi. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!