- iklan atas berita -

Metro Times (Jakarta) Ada kabar gembira bagi anda pengguna jasa kereta api, selama pandemi covid-19. Peraturan wajib rapid test antigen dan tes PCR tidak lagi menjadi syarat mutlak untuk dapat melanjutkan perjalanan menggunakan moda transportasi kereta api.

Satgas Penanganan COVID-19 menerbitkan surat edaran No 5 Tahun 2021, yang memperbolehkan penggunaan GeNose test untuk penumpang kereta api jarak jauh. Aturan itu dituangkan dalam protokol nomor 3 huruf c, yang mengatur protokol perjalanan dari dan ke serta dalam Pulau Jawa (antarprovinsi/kabupaten/kota).

Dalam aturan itu, selain RT-PCR dan rapid test antigen, penumpang kereta api juga bisa menunjukkan hasil dari GeNose test untuk test COVID-19.

“Khusus untuk perjalanan dengan menggunakan kereta api di luar kawasan satu aglomerasi, selain menggunakan RT-PCR dan rapid test antigen atau GeNose test,” bunyi protokol nomor 3 huruf c angka IV SE Nomor 5 Tahun 2021, dikutip detik.com, Selasa (26/1/2021).

Hasil tes COVID-19 itu harus berdasarkan sampel yang diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan. Hasil tes juga wajib menunjukkan negatif. Aturan ini tertuang dalam protokol nomor 3 huruf c angka III.

Kendati demikian, bila hasil rapid test antigen atau RT-PCR negatif namun menunjukkan gejala, calon penumpang tidak boleh melanjutkan perjalanan. Calon penumpang harus melakukan tes RT-PCR dan melakukan isolasi mandiri.

ads

“Apabila hasil rapid test antigen atau RT-PCR negatif namun menunjukkan gejala, maka pelaku perjalanan tidak boleh melanjutkan perjalanan dan diwajibkan untuk melakukan tes diagnostik RT-PCR dan isolasi mandiri selama waktu tunggu hasil pemeriksaan,” demikian bunyi protokol nomor 3 huruf g.

Surat edaran ini berlaku mulai hari ini hingga 8 Februari mendatang.(shp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!