- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) –  Sebanyak 19 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Demikian pula Kabupaten Tuban yang mempunyai sumberdaya mineral dan geografis yang luar biasa, akan memilih pemimpin yang bisa mengolah untuk kemakmuran rakyat Tuban.

Setiajit Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur yang juga maju Calon Bupati Tuban di Pilkada serentak 2020 mengatakan, di Tuban rumah tangga yang miskin yang belum memiliki listrik ini cukup banyak, ada 58.000 Kepala Keluarga (KK).

Ibu Gubernur sudah menginstruksikan untuk serius dalam penyediaan aliran listrik untuk keluarga yang kurang mampu, karena semuanya harus terpasang 100% di tahun 2021.

Menurut Setiajit,  pertambangan di Tuban diharapkan tidak hanya di galih lalu dijual keluar, sehingga tidak sekedar dipakai urukan. Seperti misalnya dolomit. Banyak sekali manfaat dolomit apabila diolah, misalnya :
1. Bahan konstruksi bangunan,
2. Bahan pembuatan semen.
3. Menetralisasi asam dalam industri kimia.
4. Sumber magnesium dan kalsium pada pakan ternak.
5. Fluks dalam industri pengolahan logam.
6. Reservoir minyak dan gas.
7. Bahan dasar pembuatan kaca.
8. Bahan dasar pembuatan keramik.
9. Sebagai pupuk.
10. Untuk dempul rekahan kayu.
11. Dalam industri farmasi.
12. Dalam industri kertas.

“Luar biasa hasil kalsium yang banyak  di jual keluar tidak diolah di Tuban. Padahal itu bisa untuk pupuk, dan pupuk yang dari Dolomit itu luar biasa jauh lebih bagus daripada pupuk yang anorganik yang pakai kimia,” lanjutnya.

ads

“Saya menginginkan nanti ke depan jangan di gali dikuras tapi nggak ada nilai tambahnya, tapi kita hadirkan perusahaan atau investasi yang mengolah hasil-hasil pertambangan di Tuban, sehingga masyarakat bisa sejahtera,” harapnya untuk kemakmuran Tuban.

Menurut Setiajit, kita harus kembangkan dari daerah pantai yang luar biasa. Pantai di Tuban panjangnya 65 km dari ujung barat sampai di ujung timur, kalau pantai itu tidak dikembangkan akan mubazir, karena akan menjadi Wahana wisata yang luar biasa. Ada laut, ada dataran, ada gunung, dan hutan, semuanya itu potensi yang luar biasa, kalau kita kembangkan ke depan Kabupaten Tuban akan menjadi jauh lebih makmur lagi. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!