- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Prajurit Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Prajurit Karier (PK) Angkatan ke-41/1 Kejuruan Mesin melaksanakan Lattek Kerja Teknik di bengkel Salawati, Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek), Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal), Bumimoro, Surabaya (15/12).

Selama satu minggu ke depan, mereka akan melaksanakan praktek materi-materi pelajaran yang telah disampaikan dalam proses belajar di kelas, diantaranya Latek mesin bubut dan mesin sekrap untuk membuat mur baut dan engsel serta Lattek pengelasan dasar.

Di lokasi yang sama, prajurit Siswa Dikmaba PK TNI Angkatan ke-41/1 Kejuruan Listrik melaksanakan Lattek Panel kontrol instalasi listrik. Materi yang dipraktekkan adalah menggambar rangkaian motor 3 phase dan merangkai instalasi listrik.

Kegiatan ini dibuka oleh Komandan Pusdiktek Kolonel Laut (T) Muh. Syarif, S.T., M.A.P. yang juga bertindak selaku Direktur Latihan. Sedangkan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) adalah Letkol Laut (T) Sungkono, A.Md. yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Sekolah Bintara (Danseba) Pusdiktek.

ads

Menurut Danpusdiktek, Lattek ini bertujuan untuk membekali para siswa dengan mata pelajaran Lattek Permesinan agar memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang proses pembubutan dan pengelasan, sehingga mampu mengaplikasikannya dalam kedinasan TNI/TNI Angkatan Laut maupun di KRI.

“Oleh sebab itu, selesai mengikuti Lattek ini diharapkan siswa mampu melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan proses bubut dan pengelasan dengan baik dan benar, sehingga diharapkan bisa menjadi prajurit TNI AL yang unggul, profesional dan modern sesuai bidang tugasnya masing-masing,” ujar Danpusdiktek.

Dimasa Pandemi Covid-19 ini proses pembelajaran yang dilaksanakan di Kodiklatal harus tetap terlaksana dengan baik agar bekal pengetahuan dan keterampilan yang diberikan kepada siswa bisa optimal. Disisi lain, Kodiklatal juga harus mampu mengantisipasi agar siswanya tidak terpapar virus corona.

Oleh sebab itu, protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 harus dilaksanakan dengan ketat, yaitu memakai masker selama kegiatan Lattek berlangsung oleh siswa, mencuci tangan sesering mungkin baik sebelum Lattek maupun sesudah Lattek, menjaga jarak selama kegiatan latihan, menghindari kerumunan seoptimal mungkin dan membatasi mobilitas untuk menghindari terpapar Covid-19. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!