- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Sidoarjo) – Dalam upaya meningkatkan profesionalisme dan kemampuan fisik, Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan XLI/2 yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Sekolah Bintara (Seba) Pusat Pendidikan Latihan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) menggelar Latihan Praktek (Lattek) Halang Rintang yang dilaksanakan di sekitar Kesatrian Puslatdiksarmil Juanda Sidoarjo, Senin, (13/12/2021).

Lattek Halang Rintang yang diikuti 412 orang Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLI/2 ini di bawah Koordinator tim Binjas Kodiklatal yang dipimpin langsung Letda Laut (KH) Dika Budi R., S.Pd. dengan materi Mountaineering meliputi naik turun tebing dengan tali, Sit Rapling, meluncur tali, merayap tali, meniti tali dan naik turun tali.

Latihan dalam bidang jasmani militer ini, banyak menggunakan kemampuan fisik dan dalam setiap kegiatannya mengandung resiko. Pelajaran Mountaineering ini juga merupakan latihan kemampuan teknik mengatasi dan melintasi rintangan alam maupun buatan berupa naik turun tebing, bangunan, dan lembah dengan menggunakan peralatan.

Sebelum melaksanakan mountaineering, terlebih dahulu para siswa mendapatkan pelajaran pengenalan materi dan peralatan yang akan digunakan, selesai pengenalan peralatan dilanjutkan cara menggunakan tali jiwa dengan memasang figur eight dan carabiner, para siswa ini melihat peragaan secara langsung dari pelatih dan instruktur.

ads

Selain sebagai bekal dalam kedinasan di TNI AL, Lattek halang rintang ini juga sebagai bekal para siswa Puslatdiksarmil dalam kegiatan Lattek berganda yang akan dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Purboyo Kabupaten Malang sebelum para siswa menyelesaikan pendidikan di Puslatdiksarmil.

Dalam Lattek berganda tersebut selain mendapatkan materi naik turun tebing dengan tali, Sit Rapling, merayap tali, meniti tali dan naik turun tali para siswa Dikmaba ini juga akan mendapatkan materi, tali temali dan Ilmu Membaca Medan dan Peta (IMMP), kompas siang, kompas malam serta Lintas Medan (Limed). (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!