- iklan atas berita -

Metro Times (Ciamis) Pasangan suami istri Dani (39) dan Ainun Lubis (36), rela berjalan kaki demi mudik ke kampung halamanya, di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Bersama dua bayinya, mereka menempuh jarak hampir 300 kilometer, langkah demi langkah, dari tanah perantauanya di Gombong Jawa Tengah.

Mereka sudah berjalan selama 6 hari, dan keluarga ini telah sampai di Ciamis, Jawa Barat, Jumat (7/5/2021). Dani mengaku berangkat dari Gombong pada Minggu sore pekan ini. Sudah 6 hari mereka jalan kaki.

Berjalan berdampingan. Dani dan istrinya Masitoh Ainun Lubis membawa kedua anaknya bernama Manta (3) dan Hanum (1,5). Berbekal tas ransel hitam dan uang Rp 120 ribu, Dani nekat membawa istri dan anaknya untuk pulang ke kampungnya lantaran sudah tidak memiliki lagi pekerjaan.

Sebelumnya dia bekerja di sebuah perusahaan konveksi dan kini sudah berhenti.

“Di sana sudah tidak ada lagi kerjaan, tidak punya apa-apa. Jadi memutuskan untuk pulang ke Soreang. Tidak akan ke sana lagi, mau menetap di Soreang,” ujar Dani.

ads

Dalam perjalanannya, Dani sekeluarga biasa beristirahat di SPBU atau masjid yang ada di sepanjang jalan. Keluarga kecil ini berjalan sehari bisa mencapai 25-30 kilometer.

Berhenti pada malam hari untuk beristirahat dan melanjutkan perjalanan setelah subuh.

“Alhamdulillah selama perjalanan berjalan lancar, tidak ada hambatan. Banyak juga orang-orang baik yang memberi bekal dan makanan saat di jalan,” ungkapnya.

Dani mengaku terpaksa berjalan kaki karena tidak memiliki ongkos untuk naik angkutan umum. Terlebih saat ini angkutan pun dihentikan karena larangan mudik.

“Upah dari pekerjaan konveksi cukup untuk makan dan bayar kontrakan saja. Saya berjalan kaki pulang ke Bandung cuma bawa uang Rp 120 ribu untuk membeli makan, minum. Tapi Alhamdulilah dalam perjalanan ada rezeki untuk anak-anak, banyak yang ngasih,” ucapnya.

Dani mengaku tidak meminta bantuan ke pemerintah karena trauma. Ia memiliki pengalaman tahun sebelumnya saat berjalan kaki pulang kampung tapi dianggap modus. Kini pun ia akan menghindar saat ada petugas pengamanan mudik.

“Saya takut dibilang modus, jadi natural saja berjalan kaki sampai ke Soreang,” ungkapnya.

Apabila tidak ada kendala, Dani memperkirakan akan sampai ke Soreang Bandung pada hari kedua Lebaran atau seminggu lagi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!