- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) — Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dan juga meningkatkan dalam pemahaman agama Islam, Prajurit Anggota Tetap (Antap) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan laut (Kodiklatal) menggelar Kauseri Agama Islam yang dipusatkan di Masjid Ibadurohman Kesatrian Kodiklatal Bumioro, Surabaya, Rabu, (22/12/2021).

Kauseri agama Islam yang dilaksanakan sesudah apel pagi tersebut disampaikan oleh Kolonel Laut (KH) Heri Purwanto dari Kelompok Tenaga Pendidikan (Pokgadik) Kodiklatal dengan materi ceramah tentang bersedekah.

Dalam ceramhnya Kolonel Laut (KH) Heri Purwanto menyampaikan bahwa hukum sedekah dalam Islam ialah sunah atau dianjurkan. Jadi, apabila dikerjakan akan mendatangkan pahala dan kebaikan dan apabila ditinggalkan juga tidak mendatangkan dosa. Namun, sedekah dapat berubah hukumnya menjadi wajib jika seorang muslim telah mampu dan berkecukupan berjumpa dengan orang lain yang kekurangan.

Adapun yang menjadi dasar dari sedekah adalah Quran surat An-Nisa ayat 114 yang artinya β€œDan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar. Menurutnya dari ayat ini diperintahkan umat muslim untuk senantiasa berbuat kebaikan salah satunya dengan bersedekah.

Selain dasar dari dari Alquran bersedekah juga ada dalam hadits riwayat Bukhari bahwa keutamaan sedekah bisa menjadikan sebuah harta yang besar layaknya gunung , Rasulullah bersadba, “Barangsiapa bersedekah senilai satu biji kurma yang berasal dari mata pencaharian yang baik, dan Allah tidak akan menerima kecuali yang baik. Maka sesungguhnya Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya, kemudian dipelihara untuk pemiliknya sebagaimana seseorang di antara kalian memelihara anak kuda, sehingga sedekah itu menjadi besar seperti gunung.”

Diakhir ceramahnya Kolonel Laut (KH) Heri Purwanto mengajak agar para prajurit Kodiklatal senantiasa bersedekah walaupun nilai sedekah tersebut kecil, insyaallah nantinya akan mendapatkan barokah yang lebih besar. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini