- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan dan belum berakhir memberi dampak yang sangat besar dalam kehidupan rumah tangga.

Menjaga ketahanan rumah tangga di masa pandemi adalah tugas setiap keluarga, terutama bagi perempuan atau istri.

Seorang ibu memiliki peran yang sangat esensial dalam dinamika keluarga. Pada masa pandemi, kemampuan multitasking para ibu kian ditempa dengan semakin kompleks. Ibu menjadi sosok yang memungkinkan fungsi keluarga bisa terus berprogres.

Melihat situasi dan kondisi dampak pandemi Covid-19 terhadap para wanita dan ibu-ibu, oleh karena itu, LDII menggelar seminar wanita bertema “Mewujudkan Ketahanan Rumah Tangga Menuju Indonesia Tangguh”. Seminar digelar Sabtu (18/12/2021) di Aula Ponpes Sabilurrosyidin Annur, Surabaya yang diawali Pelantikan Wanita LDII Jawa Timur masa bakti 2021-2025.

ads

“Di masa pandemi, banyak sekali ditemukan perceraian yang timbul gara-gara suaminya kena PHK. Ini yang membuat ketahanan ekonomi di dalam rumah tangganya hancur, Istri tidak tahan, akhirnya menggungat cerai suaminya,” terang Hj. Emie Santoso, Ketua Wanita LDII Jatim.

Melihat fenomena itu, LDII membekali kaum perempuan mengelola ketahanan rumah tangga. “Seorang istri harus bisa mengendalikan emosi dan menempatkan diri. Istri berperan sebagai ibu yang tangguh sehingga tercipta ketahanan keluarga yang baik,” kata Emie.

Dengan terciptanya ketahanan keluarga yang harmonis, katanya, akan lahir generasi yang unggul dan bangsa Indonesia siap menghadapi bonus demografi menuju Indonesia emas 2045.

Sementara itu, Ketua DPW LDII Jatim KH. Moch. Amrodji Konawi menyampaikan, agar kaum perempuan harus bisa menjadi istri yang tangguh, saling menguatkan dalam berumah tangga. Tangguh dalam artian mendukung dan patuh kepada suami dalam segi ubudiyah maupun amaliyah.

“Keluarga dalam rumah tangga merupakan komponen kecil dari sebuah negara tetapi mempunyai peran yang sangat besar menguatkan negara. Karena setiap rumah tangga yang baik maka akan terwujud wilayah yang baik. Wilayah yang baik akan menciptakan kekuatan bagi negara  menjadi negara yang kuat,” ungkap Amrodji.

Dalam pelantikan Wanita LDII Jatim turut hadir Asisten III Administrasi Umum Setdaprov Jatim Syaikhul Ghulam yang mewakili Gubernur Khofifah, Ketua Aisyiyah Jatim Hj. Siti Dalilah Candrawati, Wakil Ketua Muslimat NU Jatim Hj. Udji Asiyah melalui daring serta Ketua DPP LDII Koordinator Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga Hj. Siti Nurannisaa Paramabekti. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!