- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Wadan Kodiklatal) Laksamana Muda TNI Agus Hariadi mewakili Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) secara resmi menutup program Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angatan XLI TA 2021 Satuan Pendidikan (Satdik) 3 Sorong yang dilaksanakan di Lapangan apel Mako Koarmada III Katapop Kecamatan Salawati Kabupaten Sorong Papua Barat, Senin, (18/10/2021).

Penutupan pendidikan tersebut diikuti 249 orang siswa terdiri 100 orang Dikmaba dan 149 orang Dikmata TNI AL Angatan XLI, bertindak selaku Komandan Upacara dalam penutupan tersebut Mayor Mar Johan Haryanto M.Tr, Opsla yang juga Komandan Sekolah Bintara Satdik 3 Sorong. Setelah penutupan pendidikan para Bintara dan Tamtama remaja ini selanjutnya berdinas di beberapa Kapal perang Republik Indonesia (KRI) maupun Staf yang berada dibawah Koarmada III Sorong Papua.

Tampak hadir dalam acara tersebut Kas Koarmada III Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H., Kapoksahli Koarmada III Laksma TNI Endra Sulistiyono, S.E.,M.M, Ir Koarmada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya Saputra S,.T., M.Si.(Han)., M.Tr.Opsla., Komandan Lantamal XIV Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M. Tr. Opsla, Danpasmar 3 Brigjen TNI Mar Y. Rudy Sulistyanto dan Komandan Satdik 3 Kolonel Laut (P) Friche Flack. Selain itu hadir pula Wakil Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Agus Hariadi.

Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam amanat yang dibacakan Wadan Kodiklatal menyampaikan selaku Komandan Kodiklatal dirinya mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan para prajurit dalam menyelesaikan Pendidikan tahap Dasar golongan lanjutan selama dua bulan, dengan berakhirnya pendidikan ini diharapkan para Bintara dan Tamtama remaja telah siap lahir batin, untuk melaksanakan penugasan dimanapun nanti ditempatkan pada satuan pengguna, baik di KRI maupun Staf dengan penuh percaya diri, yakin bisa dan mampu melaksanakan setiap pekerjaan menjadi tanggung jawabnya guna mendukung tugas-tugas organisasi secara Optimal.

ads

Lebih lanjut disampaikan bahwa keberhasilan tugas-tugas TNI AL tidak hanya ditentukan oleh kehebatan teknologi Alutsista, namun sangat bergantung pada Keunggulan dan Profesionalisme Prajurit Matra Laut sebagai pengawak organisasi. Oleh karena Itu, dalam setiap program pendidikan yang diselenggarakan, Kodiklatal berupaya menghasilkan Output prajurit yang memenuhi standar kompetensi, memiliki karakter yang Tangguh dan Mental kejuangan yang tinggi, sehingga kelak menjadi prajurit Matra Laut yang Bermoral, Profesional dan Berani dalam menjawab setiap tantangan tugas ke depan yang semakin Kompleks dan Dinamis.

Menurutnya performance seorang Bintara dan Tamtama TNI AL, harus memiliki Postur yang Ideal, Tanggap, Tanggoon, trengginas serta memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang diwujudkan dalam bentuk naluri tempur, integritas pribadi yang militan, yang selalu ingin maju meningkatkan kualitas diri, tidak hanya terampil, cerdas dan kompetitif semata, namun memiliki Etika dan Moralitas yang tinggi, integritas yang dibanggakan serta Loyalitas yang kuat dalam pengabdian pada organisasi TNI AL. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!