- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas 109 orang wartawan kontingen Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII/2022 asal Jatim di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (19/11).

Saat melepas kontingen Porwanas Jatim ini, Gubernur Khofifah menyampaikan rasa optimisnya bahwa Jatim akan menjadi Juara Umum. Hal ini karena para atlet kontingen Jatim ini telah melakukan persiapan secara matang. Tidak hanya itu, berbagai dukungan dan doa juga terus diberikan kepada kontingen asal Jatim.

“Alhamdulillah sore hari ini kita menguatkan tekad dan semangat kita bahwa Jawa Timur pada Porwanas ini selain sebagai tuan rumah Insya Allah kita akan jadi Juara Umum,” katanya.

Selain itu, Khofifah juga berpesan agar dalam ajang ini Jatim bisa menjadi tuan rumah yang terbaik. Yakni dengan memberikan pelayanan yang maksimal kepada para atlet dan official yang datang dari provinsi lain se-Indonesia.

“Mari kita maksimalkan menjadi tuan rumah yang terbaik dengan melayani secara baik. Karena kita juga akan kirim kontingen full tim, maka tentu harapan kita pelaksanaan baik, perjalanan seluruh proses acara juga berjalan baik. Serta tentunya kita berharap hasil yang terbaik Jawa Timur juara umum,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Porwanas III/2022 diselenggarakan di wilayah Malang Raya pada tanggal 21-27 November 2022. Dalam Porwanas ini mempertandingkan cabor atletik, biliard, bridge, bulutangkis, catur, E-sport, futsal, tenis, tenis meja, sepakbola dan karya tulis jurnalistik serta foto jurnalistik.

Menurut Gubernur Khofifah, Pemprov Jatim memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Porwanas Tahun 2022 ini. Dimana Jatim menyediakan Kantor BPSDM Jatim yang berada di Jalan Kawi Malang sebagai Sekretariat PB Porwanas.

“Insya Allah BPSDM Jatim yang ada di Jalan Kawi Malang siap jadi Sekretariat PB Porwanas. Saya juga sudah menyampaikan kepada Pak Aries, Kepala BPSDM Jatim untuk mempersiapkan segala sesuatunya di BPSDM Jatim di Malang. Jadi nanti bisa dilakukan evaluasi detail lagi ,” katanya.

“Selamat menjadi tuan rumah terbaik. Selamat bertanding juga kepada para atlet kontingen Jawa Timur. Seluruh official dan semuanya sehat dan bisa memberikan kebahagiaan bagi semua tamu kita. Baik kontingen maupun penggembiranya dari provinsi lain,” katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim mengatakan bahwa dalam Porwanas 2022 ini Jatim tidak hanya sebagai peserta, namun juga panitia. Hal ini karena Jatim juga menjadi tuan rumah.

“Jadi nanti Porwanas ini bukan hanya event olahraga tapi juga ada dua expo di Kota Malang dan Kota Batu yang memamerkan produk UMKM. Juga paket wisata, jadi diharapkan ada pergerakan ekonomi,” katanya.

Menurutnya, sampai hari terakhir penutupan pendaftaran, jumlah atlet dan official yang sudah mendaftar dalam Porwanas kali ini sebanyak 2.200 orang dari 35 provinsi. Mereka akan bertanding di 10 cabor dengan 29 nomor, termasuk karya tulis dan karya foto.

“Itu baru dari atlet dan official tapi dari jumlah rombongan yang akan hadir sangat banyak. Misalnya Lampung itu pakai bus sekitar 300 orang, bahkan ada yang dari Jambi dan Aceh juga pakai bus,” katanya.

“Insya Allah nanti tumpah ruah di Malang Raya itu sekitar 6 ribu orang dan semua Insyaallah bawa uang untuk belanja. Sehingga diharapkan nanti dengan event ini ada pergerakan ekonomi,” pungkasnya.

Pelepasan kontingen Jatim ini ditandai dengan penyerahan lambang Jer Basuki Mawa Beya dari Gubernur Jatim kepada Ketua KONI Jatim. Serta penyerahan lambang PWI Jatim dari Gubernur Jatim kepada Ketua PWI Jatim. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini