- iklan atas berita -

MetroTimes (Surabaya)  – Lembaga Inovasi, Pengembangan Jurnal, Penerbitan dan Hak Kekayaan Intelektual (LIPJPHKI) Universitas Airlangga (UNAIR) merupakan lembaga di bawah naungan UNAIR yang memiliki tiga layanan yaitu publikasi dan jurnal, inovasi dan HKI, serta penerbitan.

Lembaga ini berperan dalam proses publikasi jurnal, inovasi dan kekayaan hak intelektual serta penerbitan. Untuk mendukung serta memfasilitasi seluruh civitas akademika UNAIR maka lembaga ini membuat sebuah terobosan baru yaitu SMARTaps. Terobosan ini diperkenalkan oleh ketua LIPJPHKI yaitu Prof Hery Purnobasuki M Si PhD pada acara tasyakuran Dies Natalis UNAIR Ke-68 yang dilaksanakan Kamis (10/11/2022).

“Kami dari LIPJPHKI mempersembahkan SMARTaps,” kata Hery. SMARTaps merupakan smart ID Card yang memberikan kemudahan peneliti UNAIR untuk melakukan kolaborasi penelitian, sharing publikasi dan self-branding di kancah nasional maupun internasional. SMARTaps berisi informasi pribadi peneliti serta informasi lain yang berhubungan dengan penelitian.

Ada beberapa fitur yang dapat digunakan pada SMARTaps ini seperti profile contactshare contact, web Sinta, dan Scholar UNAIR. Sementara itu Scholar UNAIR juga merupakan terobosan dari LIPJPHKI UNAIR yang berisikan profil peneliti, profil fakultas dan kelompok riset, output penelitian, peta kolaborasi universitas dan fakultas serta berbagai capaian lainnya.

Penggunaan SMARTaps sangatlah mudah. Pengguna dapat memanfaatkan fitur NFC yang ada pada smartphone. Pengguna SMARTaps dapat menempelkan kartu miliknya pada bagian belakang smartphone yang sudah dilengkapi dengan NFC untuk menggunakan fitur yang ada. Namun jangan khawatir, bagi pemilik kartu yang tidak memiliki fitur NFC pada smartphone-nya dapat menggunakan scan barcode, dimana barcode sudah tertera pada kartu.

Ada berbagai manfaat yang dapat diperoleh dengan penggunaan SMARTaps ini di antaranya dapat membantu civitas akademika UNAIR dalam proses penelitian serta memperbanyak sitasi. Selain itu dapat meningkatkan kolaborasi baik secara nasional maupun internasional. Nantinya masing-masing civitas akademika UNAIR akan diberi SMARTaps. Setelah memperkenalkan SMARTaps, ketua LIPJPHKI turut memberikan kartu SMARTaps milik rektor UNAIR secara simbolis.

“Nantinya seluruh civitas UNAIR akan diberi kartu ini (SMARTaps, Red) khususnya untuk peneliti di lingkungan UNAIR untuk meningkatkan publikasi dan sitasi,” pungkas Hery. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini