- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – SD Al Falah Surabaya memperingati Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 kepada siswa-siswa generasi muda untuk menunjukkan perjuangan kaum pemuda untuk mencapai Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Sekolah SD Al Falah Surabaya, Yuni Wahida menuturkan, dalam kegiatan memperingati hari Sumpah Pemuda ini diawali dengan upacara peringati sumpah pemuda, kemudian dilanjutkan dengan teatrikal pergerakan pemuda diantaranya disini digambarkan yang pertama kali berdirinya Muhammadiyah oleh Achmad Dahlan selanjutnya berdirinya Nahdlatul Ulama oleh KH. Hasim Ashari adalah salah satu bentuk pergerakan pemuda untuk mendapatkan Kemerdekaan.

ads

“Dalam memperingati Sumpah Pemuda, kami meminta anak-anak sebagian menggunakan baju adat termasuk para gurunya. Dan anak-anak yang lain menggunakan baju batik agar dapat mencintai produk Indonesia. Harapannya dari memakai baju adat anak-anak bisa memahami perbedaan-perbedaan budaya seluruh Indonesia, namun kita masih bisa selaras memajukan Indonesia, mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” tandasnya.

“Harapan kami anak-anak bisa mengambil makna dari Sumpah Pemuda ini, diantaranya mereka menunjukkan sikap akhlak, karakter, tabiat dalam mempertahankan keutuhan persatuan kesatuan bangsa,” ungkapnya.

Menurut Yuni, dalam hal kecil makna sumpah pemuda, kami berharap anak-anak mampu menyayangi temannya, tidak mengganggu dengan lisan, tangan atau kakinya. Kemudian anak-anak mampu memberikan maaf tanpa dipaksa teman untuk minta maaf. Dan anak-anak mampu menjaga agar temannya itu bisa rukun, mendamaikan tidak saling bertengkar.

“Harapannya anak-anak dapat mengambil makna sumpah pemuda kali ini sehingga dari sikap dan akhlak anak-anak tersebut, sehingga keutuhan kesatuan dan persatuan bangsa tetap ada hingga akhir kiamat, Itu harapan kami,” pungkasnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!