- iklan atas berita -

MetroTimes (Surabaya) – Sebagai salah satu PTN terbaik di Indonesia, Universitas Airlangga (UNAIR) terus memperbaiki kualitas pendidikannya. Hal tersebut tercermin dari berbagai program studi yang telah terakreditasi baik nasional hingga internasional. Baru-baru ini, Program Doktor Ilmu Akuntansi meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA).

LAMEMBA merupakan lembaga yang bertugas untuk melakukan proses Akreditasi Program Studi di Bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Lembaga tersebut diprakarsai oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia  (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), serta Asosiasi Fakultas Ekonomi, dan Bisnis Indonesia (AFEBI).

Kepada UNAIR NEWS (2/1/2023), Kepala Program Studi (Kaprodi) Ilmu Akuntansi, Dr Noorlailie Soewarno SE MBA CMA Ak, mengatakan bahwa predikat unggul merupakan pengakuan terhadap kualitas pendidikan dan kurikulum di UNAIR, dalam hal imi Ilmu Akuntansi.

“Penilaian dari mereka itu banyak sekali item-item kita yang bertaraf internasional. Misalnya publikasi dosen dan mahasiswa di scopus itu banyak, seminar internasional, kemudian Outbound mahasiswa. Dan kita pun memiliki mahasiswa internasional,” ujarnya.

Selain itu, Prodi Ilmu Akuntansi jua senantiasa melakukan benchmarking dengan kurikulum yang dipakai di universitas top dunia. Dengan itu, kualitas lulusan serta pengajar akan mampu bersaing di kancah yang lebih luas. Hal tersebut dibuktikan dengan akreditasi internasional yang juga diperoleh seperti ABEST21 hingga FIBAA.

ads

“Dosen kita ini, 62,5 persennya atau dosen tetapnya itu adalah Profesor,  sehingga kualitasnya sudah pasti baik. karena professor kan harus punya publikasi yang baik, cara mengajarnya juga baik, dan sertifikasi profesi,” tambahnya.

Baginya, proses yang terjadi dalam akreditasi tidak sebentar. Banyak reputasi yang harus dipupuk sejak lama. Selain itu, hal tersebut pun bukan sekadar prestasi pribadi, melainkan dijalankan dengan kolaborasi yang kuat antara mahasiswa, dosen, pihak fakultas, hingga universitas.

“Bagaimana para dosen ini membimbing mahasiswanya untuk meningkatkan publikasi itu jua membutuhkan upaya yang luar biasa. Jadi memang tidak instan, prosesnya memang Panjang,” terangnya.

Hal tersebut pun semakin menambah nilai jual tersendiri ditengah masyarakat. Akhirnya, Prodi Ilmu Akuntansi UNAIR akan menjadi pilihan tersendiri bagi pendidik yang ingin melanjutkan studinya.

“Kita menjadi leading untuk daerah Indonesia timur. Namun demikian, mahasiswa kita diversity-nya tidak hanya di Indonesia timur tetapi dari Sabang sampai Merauke itu kita ada. Itu menunjukan posisi kita sangat diperhitungkan,” pungkasnya.

Ia berharap, kedepan Prodi Ilmu Akuntansi mampu mengembangkan sayap lebih luas lagi dan dapat memperoleh akreditasi lainnya. tentunya, perkara tersebut akan mudah ketika semua lini bekerja bersama-sama. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!