- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Bulan Ramadhan mendidik umat Muslim untuk menimbulkan rasa empati terhadap sesama. Dengan berpuasa kita belajar untuk ikhlas memberi dan peduli terhadap nasib orang lain yang tidak sebaik kita.

SD Al Falah Surabaya menggelar Program menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan Suka Cita. ‘Marhaban Ya Ramadhan’

Kepala Sekolah SD Al Falah Surabaya Ustadzah Yuni Wahida menuturkan, menyambut datangnya bulan Ramadhan SD Al Falah Surabaya secara rutin kami adakan Pawai Tarhib Ramadhan dan Bakti Sosial berupa, cek kesehatan dan pembagian Sembako kepada masyarakat di sekitar sekolah SD Al Falah.

ads

Ustadzah Yuni Wahida menjelaskan, kegiatan menyambut Ramadhan kali ini, SD Al Falah Surabaya mengambil tema “Tebarkan Kepedulian Dengan Semangat Ramadhan”.

“Kegiatan kita hari yaitu Tarhib dengan Pawai (Pawai Tarhib) menyambut bulan Ramadhan dan Bakti Sosial meliputi kegiatan, memberikan cek kesehatan gratis untuk masyarakat sekitar, serta pembagian Sembako untuk masyarakat sekitar dan ada yang berkeliling ke empat penjuru wilayah Surabaya, yaitu Surabaya Barat, Surabaya Timur, Surabaya Utara, dan Surabaya Selatan. Sehingga kami sudah menyediakan empat mobil untuk berkeliling,” terang Ustadzah Yuni disela-sela kegiatan Pawai Tarhib, Jumat (8/3/2024).

“Pemberian Sembako di empat wilayah Surabaya dilaksanakan secara berkelompok, dan kami juga mengikutsertakan para siswa kami dalam pembagian nanti,” paparnya.

Menurut Ustadzah Yuni, adapun target untuk pembagian Sembako itu adalah masyarakat sekitar Al Falah artinya ada PKL, ada beberapa tukang becak dan sebagainya. Kemudian untuk pembagian yang dilakukan berkelompok di empat lokasi di Surabaya, yaitu masyarakat yang ditemui di jalan. Kemudian ada beberapa pegawai yang dapat paket sembako karena mereka sangat membutuhkan.

Ustadzah Yuni mengatakan, adapun tujuan kami dalam kegiatan Ramadhan adalah mengajak masyarakat untuk menyambut Ramadhan dengan senang, dengan ceria, gembira, karena janji Rasulullah ketika kita menyambut Ramadhan dengan bahagia.

 

Bulan yang senantiasa disambut dengan kemeriahan, yang di awalnya penuh rahmat, di tengahnya ada ampunan dan diakhiri dengan pembebasan dari api neraka. Bulan yang senantiasa disambut Rasulullah s.a.w. bak menyambut datangnya tamu agung “Marhaban ya Ramadhan”.

Sedangkan tujuan untuk para siswa menurut Ustadzah Yuni, kami berharap anak-anak juga gembira menyambut Ramadhan, dan melaksanakan puasa wajib ini dengan kesadaran diri tanpa ada paksaan. Kemudian mereka juga bisa menumbuhkan kepedulian mereka terhadap masyarakat.

“Untuk paket sembako, kami menyiapkan kurang lebih 560 paket sembako yang terdiri dari 5 kg beras, minyak goreng, gula, dan mie instan. Sembako merupakan partisipasi dari seluruh siswa Al Falah Surabaya. Sedangkan dalam penggalangan dana ini sudah dikerjakan kurang lebih 2 pekan yang lalu, dan donasi langsung dari siswa,” tandasnya.

“Sedangkan Baksos kesehatan, kami melibatkan sekolah dokter cilik serta Kepala UKS kami.Cek kesehatan seperti cek kolesterol, gula darah, asam urat, tensi tekanan darah,” ujarnya.

Anak-anak yang dilibatkan pembagian Sembako, adalah anak-anak yang jadi duta sekolah, ada duta Aveksi, duta KTB, duta literasi dan semuanya kami ajak, perwakilan dari mereka.

Program Ramadhan, selama bulan Ramadhan memang rutin mengadakan menyambut seperti ini berbagi kebahagian dengan masyarakat sekitar, kemudian di awal pertama kali masuk kami langsung menyambutnya dengan segi puasa. Anak-anak di kelas kami beri materi segi puasa selama dua hari, kemudian ada pembelajaran mapel biasa.

“Kemudian pekan berikutnya, kami adakan pondok Ramadhan tapi dengan materi ibadah harian sampai dengan puncaknya di akhir sebelum liburan Idul Fitri, kami mengadakan kegiatan malam iman dan taqwa selama dua hari semalam. Sedangkan hari terakhir penutupannya kami mengadakan Al Falah berbagi lagi dengan anak-anak yatim serta saudara saudara kita dari sekolah yang ada disekitar kami,” jelasnya.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!