- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Program Manasik Haji yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh SD Al Falah Surabaya dinilai sangat baik dalam membentuk karakter, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan melaksanakan ibadah sesuai yang disyariatkan dalam agama Islam kepada anak sejak dini. Melalui manasik ini, anak-anak dapat mengenal bagaimana pelaksanaan ibadah haji dan umroh.

Sebanyak 524 siswa SD Al Falah Surabaya mengikuti kegiatan simulasi rangkaian ibadah haji di Masjid Agung Al Akbar Surabaya, Kamis (13/6/2024).

Kepala SD Al Falah Surabaya Ustadzah Yuni Wakhidah

Kepala SD Al Falah Surabaya Ustadzah Yuni Wakhidah menuturkan, kegiatan ini bertujuan menanamkan semangat untuk berhaji sejak dini pada para Siswa nya. Pengenalan ibadah haji kepada anak sangat baik. Pasalnya, upaya tersebut dinilai mampu membentuk karakter anak sejak dini.

“Ibadah haji adalah ibadah yang sangat istimewa. Karena salah satu syaratnya adalah bagi yang mampu. Karena itu, kami tanamkan agar anak-anak memiliki niat berhaji sejak usia dini. Agar saat mereka sudah dewasa, atau sudah memenuhi persyaratan, dapat daftar untuk berhaji”, ujarnya.

ads

Ustadzah Yuni juga mengatakan, Disamping itu, melalui kegiatan ini pula diharapkan mampu memotivasi anak-anak untuk menjalankan ibadah haji atau umroh ke Tanah Suci, hal ini sangat penting. Mengingat daftar antrian untuk berhaji di Indonesia sangat panjang, sekitar 42 tahunan.

“Apalagi, regulasi dari Kementerian Agama sudah mengatur, bahwa usai 12 tahun, sudah bisa daftar berhaji”, ungkapnya.

Ustadzah Yuni menjelaskan, melalui kegiatan bertema menumbuhkan spirit haji sejak dini tersebut. Sekolah ingin menunjukkan, bahwa berhaji itu merupakan ibadah fisik. Hingga tidak bisa hanya disampaikan secara teori.

Simulasi Wukuf di Arofah

“Untuk itu, kami ajak para siswa untuk praktek ibadah haji secara langsung. Mulai dari miqat, wukuf, lempar jumroh, thawaf, minum zam-zam, sai, hingga tahalul. Karena ini adalah langkah awal untuk menjadi muslim yang sempurna”, tuturnya.

Ustadzah Ida berharap seluruh siswanya dapat menjalankan ibadah haji dengan mengharapkan ridho dari Allah SWT.

“Agar berhaji ini menjadi cita-cita. Karena Rukun IsIam yang kelima ini adalah wajib bagi yang mampu hukumnya”, imbuhnya.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!