- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Kampus Kebangsaan dan Kerakyatan Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Minggu (03/03) mewisuda 623 lulusan program S1, S2 dan S3. Mereka berasal dari Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) 124 orang, Fakultas Pertanian (FP) 98 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 77 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 83 orang, Fakultas Teknik (FT) 53 orang, Fakultas Sastra (FS) 20 orang, Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) 72 orang, serta Fakutas Hukum (FH) 97 orang.

Acara digelar di Dyandra Convention Center, dipimpin rektor Prof. Dr. Siti Marwiyah, SH, MH. Dalam sambutannya, Siti Marwiyah berpesan agar para lulusan tetap belajar dan mengasah kemampuan untuk bisa survive di tengah masyarakat. “Ilmu yang anda pelajari selama di kampus, hanyalah sebagian kecil dari apa yang dibutuhkan untuk eksis di tengah lingkungan pekerjaan anda, baik sebagai karyawan, profesional, wirausahawan atau di bidang apapun nantinya anda akan bekerja nantinya. Karena itu, anda harus terus belajar selama hajat di kandung badan. Buat anda yang masih S1, silakan lanjut ke S2. Begitu pun yang sudah S2, jika memungkinkan silakan lanjut lagi ke S3 dan meraih gelar Doktor. Apalagi di Unitomo khan sekarang juga sudah ada program S3 yang mulai semester ini sudah bisa meluluskan. Jadi tidak perlu jauh-jauh”, ujar Iyat, panggilan akrab rektor wanita pertama Unitomo ini.

Pesan ini mendapat dukungan kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah VII Jawa Timur, Prof. Dr. Dyah Sawitri SE, MM. Dalam sambutannya melalui tayangan video, ia juga mengapresiasi langkah Unitomo yang telah mengadopsi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digagas Mendikbudristek, “Salah satu tujuan program ini ialah untuk mendorong mahasiswa agar bisa mempelajari sebanyak mungkin aspek yang dibutuhkan di dunia kerja. Dan pilihan yang tersedia setelah lulus adalah tidak hanya sekedar menjadi pencari kerja. Saya berharap akan banyak diantara para lulusan Unitomo ini yang nantinya akan bisa mencetak lapangan-lapangan kerja baru. Apalagi situasi dan kondisinya saat ini sangat memungkinkan untuk itu karena didukung oleh kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat”, ujarnya.

ads

Wisudawan Berprestasi

Bukan Unitomo bila tidak meluluskan wisudawan berkualitas, terutama di antara mereka telah meraih prestasi baik akademik maupun non akademik. Mereka yang meraih prestasi secara akademik di antaranya Diajeng Putri Prasetyo Wisudawan Prodi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) dengan Indeks Prestasi Komulatif 3,95; Dwi Asmaul Chasanah Prodi Teknologi Pangan Fakultas Pertanian (FP) dengan Indeks Prestasi Komulatif 3,92; Destita Rahmadina Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan Indeks Prestasi Komulatif 3,91; Agus Suryo Atmojo Prodi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dengan Indeks Prestasi Komulatif 3,95; Muhammad Harvian Nurdin Yahya Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik (FT) dengan Indeks Prestasi Komulatif 3,90; Marion Fiona Smith Prodi Sastra Inggris Fakultas Sastra (FS) Indeks Prestasi Komulatif 3,92; Muhammad  Qori Rizqullah Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom); dan Sagita Elvarreta Grisseldis Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum (FH). 

Termasuk mereka yang berprestasi dari peserta Merdeka Belajar Kampus Merdeka  (MBKM) Terbaik dan Prestasi Konversi Tesis Penerbitan Buku yakni Ahmad Miftahul Firdaus dengan prestasi Peserta MBKM – Magang MSIB Jilid 4 terbaik dan Miftahudin Albukhori Peserta MBKM – KKN Tematik Tahun 2023 terbaik yang keduanya Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom). Selain itu ada Destita Rahmadina Peserta MBKM – Kampus Mengajar Angkatan 5 Prodi Pendidikan Matematika FKIP, serta Prita Khairunnisa Prestasi Berhasil Menerbitkan Buku Ajar Kreativitas Bermain Musik dan Magdalena Kunthie Retnaningtyas Prestasi Berhasil Menerbitkan Buku Pedoman Pengguna Media yang keduanya Prodi Magister Teknologi Pendidikan FKIP.

Sementara yang meraih prestasi akademik, yakni Franciscus Christian Theodorus Top 9 Master Chef Indonesian Season 11 RCTI Prodi Prodi Teknologi Pangan FP, Ignatius Joshua Kandou Sea Games Kamboja 2023 (Peringkat III Pada Nomor Men’s 75 Kg) Prodi Manajemen FEB, Wahyu Fajar Setiawan Juara III Tanding Kelas Putra (45-50 kg) Dewasa pada Kejuaraan Pencak Silat Banten Internasional Champion III th 2023 Prodi Teknik Informatika FT, dan Fatimah Nurunnada Attamimi Juara II PORKAB KONI Kabupaten Sidoarjo th 2021 Prodi Sastra Inggris FS, serta Agus Prasetya Budiono Juara I Spanduk K3 Perayaan Bulan K3 Nasional Tahun 2020 Prodi Magister Ilmu Komunikasi Fikom.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!