- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Malang) – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur mulai awal tahun depan siap melakukan sensus pertanian ST 2023.

Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan  mengatakan, sensus 2023 merupakan sensus yang ke-7 kali sepanjang republik ini berdiri. Sensus pertanian ini merupakan amanat UU No.16 Tahun 1997 tentang, statistik. Dimana ada 3 sensus yaitu, sensus penduduk, ekonomi, dan sensus pertanian.

“Dalam menyusun sensus pertanian, BPS Jatim melakukan kajian-kajian dengan menggunakan internasional. Karena, di negara-negara lain juga melakukan hal yang sama setiap melakukan sensus pertanian,” kata Dadang kepada wartawan usai membuka Workshop Wartawan Dalam Rangka Publisitas ST 2023 di Harris Hotel Malang, Selasa (13/12/2022).

ads

Dadang menerangkan, dalam sensus pertanian ST 2023, ada 7 sub sektor yang akan dicatat seperti, pertanian tanaman pangan ada padi, jagung, palawija, kemudian ada holtikultura, peternakan, perikanan, kehutanan, termasuk juga jasa-jasa pertanian.

“Nanti ada 38 Kabupaten dan Kota di Jatim yang akan melakukan pendataan sensus pertanian,” jelas Dadang.

Sementara untuk Kota Surabaya, lanjut Dadang, apakah bisa dilakukan pendataan ST 2023?. “Tentu bisa. karena, saat ini ada yang namanya urban farming jadi tetap kita data,” ucapnya.

Sekecil apa pun, BPS Jatim tetap akan melakukan pendataan dan pemotretan wilayah, sehingga dapat mengetahui kondisi profile pertanian di Jatim. Misalnya, bagaimana profil pertanian di Jatim umumnya seperti apa, peternakan di Madura bagaimana, Holtikultura di Malang.

“Itulah yang nanti kita hasilkan dari kegiatan sensus pertanian tahun 2023,” pungkas Dadang. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!