- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur No 2 Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak bersilaturahmi dengan para Ulama PW NU Jawa Timur, Selasa (1/10/2024).

Kedatangan keduanya disambut terbuka oleh Ketua PW NU Jatim KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin kemudian Rois syuriah PWNU Jatim KH Anwar Iskandari serta Wakil Rois Syuriah KH Abdul Matin dan juga jajaran.

Selain itu Khofifah – Emil juga tampak didampingi dengan Ketua Tim Pemenangan Provinsi Khoffiah-Emil Boedi Prijo Soeprijanto dan juga sejumlah tim dari TPP Provinsi.

Berlangsung kurang lebih dua jam, pertemuan tersebut banyak membicarakan persoalan-persoalan kemajuan Jawa Timur, dan juga diskusi konstruktif tentang keumatan dan kebangsaan.

ads

“Kami menyampaikan terima kasih bahwa kedatangan kami ke sini diterima dengan sangat baik. Ini adalah silaturahmi antar keluarga besar NU. Kami sebetulnya hampir tidak membahas persoalan politik, diskusi kami sangat dalam, panjang dan gayeng, justru ketika membahas soal pendidikan kita,” ujar Khofifah.

Khususnya terkait upaya menyiapkan santri dan lembaga pendidikannya generasi Jawa Timur yang lebih baik ke depan. Para ulama dan guru besar yang hadir dalam pertemuan itu memberikan banyak masukan bagaimana menyiapkan SDM yang berkualitas.

“Jadi sebetulnya ini saya dan Mas Emil sedang belanja masalah untuk hal-hal yang bisa dilakukan sesuai kewenangan Pemprov dan hal-hal stretegis yang bisa kita upayakan dengan kolaborasi dan sinergi lintas lembaga baik dalam maupun negeri,” ujar Khofifah.

Cagub petahana ini kemudian menyebut bahwa salah satu lembaga yang sekarang sedang dilakukan proses penyiapan adalah program magang bagi siswa SMK otomotif ke Jepang. Dan banyak program program lain yang juga dibahas untuk peningkatan kualitas SDM Jatim.

“Yang jelas masukan yang kami terima dari diskusi ini akan kami rumuskan untuk ke depan kita ikhtiarkan bagaimana generasi Jatim menjadi generasi emas berkualitas,” pungkasnya.

Di sisi lain Ketua PW NU Jatim KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin menjelaskan bahwa diterimanya silaturahmi Khofifah-Emil ini bukan karena momen politik saja. Tapi karena hubungan Khofifah-Emil adalah hubungan keluarga besar NU.

“Jadi kita selalu dekat dengan bu Khofifah karena memang keluarga besar NU.Tadi kita sudah bicara banyak mengenai permasalahan-permasalahan pendidikan, permasalahan yang ada di NU, kita tidak masuk kesana (politik) pembicaraannya,” ujarnya.

Pihaknya memang sudah sejak lama kerap berdikusi membicarakan permasalahan-permasalahan bersama karena memang satu keluarga besar.

Pihaknya turut menanggapi banyak kader NU yang maju dalam kontestasi politik. Ditegaskannya bahwa posisi NU di sisi adalah menyeimbangkan semua itu.

“Jadi ya di daerah-daerah, kabupaten memang banyak kader NU menjadi kontestan. Nah tugas NU adalah bagaimana menjaga harmoni semuanya supaya tenang, guyub rukun, itu tugas utama NU. Kita tetap jaga ukhuwah, jaga semuanya biar harmoni,” pungkas Gus Kikin.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!