MetroTimes (Surabaya) – Sudah berjalan selama 3 tahun, masa jabatan kepemimpinan pasangan Gubernur, Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur, Emil Elestianto Dardak (Khofifah – Emil). Dan ternyata kepuasan pasangan ini di Jatim menunjukkan kinerja Khofifah lebih tinggi dibanding terhadap kinerja Emil Dardak. Hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) menunjukkan sebanyak 71,5 persen kalangan masyarakat puas terhadap kinerja Khofifah, sementara Emil Dardak sebanyak 69,4 persen.

Direktur Riset SSC, Moh. Edy Marzuki menuturkan hanya 2,7 persen yang tidak puas dengan kinerja Khofifah, serta 23,4 persen menyatakan kurang puas dan sisanya yang 2,4 persen menyatakan tidak tahu/tidak menjawab. Sementara, yang kurang puas terhadap kinerja Emil Dardak menunjukkan angka 24,3 persen dan 2,7 persen dari mereka menyatakan tidak puas. Sisanya, 3,6 persen responden menyatakan tidak tahu/tidak menjawab. “Dari hasil survey menunjukkan, kepuasan masyarakat terhadap kinerja Gubernur dan Wakil gubernur sangat tinggi, namun kepuasan terhadap kinerja Khofifah lebih tinggi dibandingkan Emil Dardak, meski prosentasenya tidak terpaut banyak”, jelasnya.

Lebih lanjut, pria yang juga dosen di Universitas Yudharta Pasuruan ini mengatakan. “Terkait kepuasan kinerja, tentunya ini menjadi evaluasi bagi Khofifah – Emil, dan perlu ada pembagian wilayah kerja antara Gubernur dan Wakil Gubernur sehingga roda pemerintahan Jawa Timur berjalan optimal”, ujar Edy.

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 01-10 Agustus 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini