MetroTimes (Surabaya) – Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPT PPD) Surabaya Utara dan Bank Jatim menggelar Soft Launching Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Bertempat di Ruang Admisi, kegiatan dibuka langsung oleh Rektor, Siti Marwiyah.

Rektor bersama Ka.UPT PPD Surabaya Utara dan Bank Jatim melakukan potong pita meresmikan Samsat Kampus

Dalam sambutannya, Iyat, sapaan akrab Siti Marwiyah ini mengatakan hadirnya Samsat Kampus menjadi sarana laboratorium bagi mahasiswa. “Ini akan bersinergi dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM yang akan dikonversikan dengan 20 sks, jadi mahasiswa bisa secara langsung mengimplementasikan ilmunya di operasional Samsat Kampus ini selama enam bulan”, ungkap Doktor Bidang Hukum Tata Negara ini.

Iyat menambahkan, hadirnya Samsat Kampus menjadi kabar gembira bagi civitas academica Unitomo. Berkat kerja sama dengan tiga lembaga, kini telah tersedia kantor Samsat daring di kampus. Gerai Samsat daring terletak di Gedung Rektorat. “Dengan adanya Samsat daring di kampus, mahasiswa, dosen, karyawan, dan masyarakat sekitar tak perlu jauh-jauh lagi untuk membayar pajak kendaraan bermotor”, imbuhnya.

Rektor dan Kepala UPT PPD Surabaya Utara meninjau langsung pelayanan Samsat Kampus yang dihandle mahasiswa magang

Sementara itu, Lilies Handayani, Kepala UPT PPD Surabaya Utara mengatakan pembukaan Samsat Kampus ini merupakan langkah maju dan strategis serta sebagai salah satu terobosan dalam perbaikan pelayanan publik khususnya terhadap pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan surat tanda nomor kendaraan (STNK) setiap tahunnya. “Pembayaran bisa dilakukan di kampus dengan segala kemudahan dan fasilitas yang mendukung. Dan tentu saja, seperti yang dikatakan bu Rektor, mahasiswa bisa magang di Samsat Kampus”, ujarnya.

Ditemui di sela kegiatan, Muhammad Iqbal, Penyelia Operasional Bank Jatim Cabang Untag mengatakan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang ada di kampus bisa memecah antrean di Samsat. “Ini bisa sebagai upaya mengurangi kerumunan antrean yang selama ini ada di Samsat, dan tentu bisa memberi manfaat bagi Unitomo dan masyarakat sekitar kampus”, pungkasnya. (nald) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini