- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Sumenep) – Di momen Idul Adha 1445 H ini Baitul Mall Hidayatullah (BMH) Jawa Timur kembali mendistribusikan hewan qurban ke Pulau Sabuntan, Sumenep, Kabupaten Madura.

“Alhamdulillah, tahun ini masuk tahun ketiga BMH Jawa Timur bisa berbagai hewan qurban dengan masyarakat di Pulau Sabuntan,” kata Kepala Program serta Pemberdayaan (Prodaya) BMH Jatim, Imam Muslim, dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/6/2024).

Muslim memaparkan, Pulau Sabuntan menjadi tujuan distribusi dari program qurban, karena merupakan salah satu desa binaan BMH Jawa Timur yang masyarakatnya jarang sekali tersentuh oleh daging qurban.

“Bahkan, ketika program qurban BMH Jawa Timur untuk pertama kali masuk ke Pulau Sabuntan tiga tahun lalu, itu menjadi satu-satunya daging qurban yang dinikmati masyarakat setempat,” tegasnya.

ads

Selain qurban, Muslim menambahkan, BMH Jatim juga hendak menguatkan program lainnya yang sudah berjalan di Pulau Sabuntan supaya terus dapat berkesinambungan, seperti program MCK serta Sanitasi Air Bersih, Rumah Qur’an, dan sebagainya.

“Semua itu kami lakukan dalam rangka membangun masyarakat di wilayah 3T, yaitu terluar, terdalam, serta terdepan, sebagaimana tagline BMH,” jelasnya.

Muslim berharap, program-program BMH itu benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh warga di pedalaman dan kepulauan. Meski pelaksanaannya seringkali harus menghadapi berbagai tantangan di lapangan.

“Misal, pendistribusian hewan qurban di Pulau Sabunten, tantangannya jelas berupa alam. Pertama kali tahun 2022, kami datangkan hewan qurbannya dari Jawa sehingga harus menyewa perahu untuk menyeberang,” urainya.

Muslim pun melanjutkan, karena harus sewa perahu sehingga membutuhkan biaya yang besar. Tak hanya itu, hewan qurban juga rentan pingsan, bahkan mati hingga risiko perahu tenggelam. Untuk mengatasi persoalan tersebut, maka tahun ini BMH Jatim tidak lagi mendatangkan hewan qurban dari Jawa, melainkan membeli dari petani lokal di Pulau Sabuntan dan sekitarnya.

“Sekaligus memberdayakan peternak lokal di sana,” imbuhnya.

Dede maupun Marjan, peternak lokal, mengaku senang dan bahagia karena beberapa hewan ternaknya dibeli oleh BMH Jatim untuk program qurban di Pulau Sabuntan.

“Terima kasih BMH Jatim yang sudah membeli hewan ternak kami untuk program qurban di Pulau Sabuntan,” ucap Dede dan Marjan sebelum sapi dan kambing mereka diangkut menuju lokasi penyembelihan di Dusun 2 yang tak jauh dari Pesantren Rahmatul Ulum.

Mudzir Pondok Pesantren Rahmatul Ulum Pulau Sabunten, yang sekaligus relawan BMH Jatim ini mengucapkan terimakasih kepada para donatur BMH Jatim yang sejak 2021 telah banyak membantu warga di Pulau Sabunten, termasuk lembaganya mulai dari MCK, Sanitasi Air Bersih, mukena untuk para lansia, Rumah Qur’an, hingga berbagi hewan qurban.

“Kami ucapkan terima kasih kepada BMH maupun para donatur, karena berkah BMH, alhamdulillah kami yang jarang sekali makan daging, dengan hadirnya program qurban BMH untuk warga Pulau Sabuntan, kami pun bisa menikmati daging. Tahun ini mencapai 320 orang penerima manfaat hewan qurban,” ungkapnya.

Sumardi lantas mendoakan keluarga besar BMH Jatim, semoga senantiasa diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam menghadirkan kemaslahatan bagi umat manusia.

“Selain itu, kami berdoa semoga ada dermawan yang berkenan menyisihkan sebagian rezekinya untuk membantu kebutuhan warga yang saat ini sangat urgen di Pulau Sabuntan yakni perahu ambulan. Termasuk juga penyediaan asrama layak bagi santri pesantren Rahmatul Ulum Sabunten,” harapnya.

Salah satu tokoh masyarakat di Pulau Sabunten Surahmat berharap program qurban pedalaman BMH Jatim terus bisa berkelanjutan di Pulau Sabuntan. “Semoga tahun depan ada lagi hewan qurban dari para donatur BMH Jatim untuk warga Pulau Sabuntan,” ujarnya.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!