MetroTimes (Makassar) — Dalam rangka mengukur kemampuan awal fisik siswanya, Satuan Pendidikan (Satdik) 2 Makassar, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) mengadakan Test Kesegaran Jasmani bagi siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan ke-42 TA 2022 di Lapangan Garjas, Satdik 2 Makassar, (19/04).

Kegiatan yang disaksikan langsung oleh Dansatdik 2 Makassar Kolonel Laut (P) Tedy Barata tersebut diikuti oleh 100 siswa Dikmaba, 10 diantaranya adalah siswa wanita. Kegiatan tersebut dilaksankan sore hari menjelang buka puasa. Test Garjas meliputi lari 12 menit , push up sit up , pull up , chinning dan renang.

Siswa Dikmaba Satdik 2 Makassar, sejak tanggal 01 April lalu sedang mengikuti pendidikan tahap dasar keprajuritan (Diksarit). Selama Diksarit ini para siswa akan dibina fisik dan mental secara intensif dan sistematis baik siang maupun malam. Hal ini dimaksudkan untuk menyiapkan siswa yang semula berasal dari masyarakat umum, menjadi seorang prajurit matra laut yang tanggap, tanggon dan trengginas serta mempunyai kultur prajurit matra laut yang bermoral, profesional dan berani.

Adapun pendidikan yang para siswa ikuti akan dilaksanakan selama enam bulan, terbagi dalam tiga tahap. Tahap pertama pendidikan dasar keprajuritan selama tiga bulan. Tahap kedua pendidikan dasar golongan selama satu bulan dan tahap ketiga pendidikan dasar golongan lanjutan selama dua bulan.

Pendidikan pertama ini ditujukan untuk mendidik dan membekali calon bintara dan tamtama TNI AL, menjadi prajurit pejuang Sapta Marga yang memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme matra laut.

Program Dikmaba TNI AL Angkatan 42 di Satdik 2 Makassar ini merupakan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini