MetroTimes (Surabaya) — Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal), Letnan Jenderal TNI Suhartono melantik dan mengambil sumpah 841 Prajurit TNI AL strata Tamtama dalam program Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan ke-41 gelombang 2 TA 2021 yang dilaksanakan di Lapangan Candradimuka Puslatdiksarmil Juanda, Sidoarjo, Kamis (14/4).

Adapun siswa terbaik Dikmata 41/2 ini adalah Kld Amo Adi Santoso dari Padang Lawas, Sumatera Utara. Pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dihadiri para pejabat Utama Kodiklatal dan pejabat utama TNI AL Kotama Surabaya.

Selain itu, dalam upacara pelantikan tersebut juga ditampilkan berbagai demo kemampuan yang dimiliki oleh siswa Dikmata TNI AlmAngkatan 41/2, antara lain : Demo defile pasukan, demo kolone senjata, dan demo beladiri militer.

Dalam sambutanya Dankodiklatal mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa sekalian menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan dan pendidikan dasar golongan yang dilaksanakan di Puslatdiksarmil dengan aman lancar tanpa kendala yang berarti sehingga saat ini kalian semua berhak untuk mengikuti upacara pelantikan sekaligus penyumpahan Tamtama TNI AL dengan pangkat kelasi dua untuk pelaut dan prajurit dua untuk Marinir

Lebih lanjut Dankodiklatal mengatakan bahwa dengan sumpah yang baru saja diucapkan maka saat ini para siswa secara resmi telah menjadi prajurit TNI Angkatan Laut. Untuk itu, Dankodiklatal mengingatkan bahwa pola pikir Pola sikap dan pola tindak seluruh siswa harus mencerminkan sikap sebagai prajurit TNI matra laut di mana semua perbuatan dan tingkah laku harus selalu dilandasi oleh jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL.

“Kalian juga sudah harus siap menunaikan Sumpah dan Tugas kewajiban sebagai prajurit negara yang siap dan sanggup menjamin keamanan dan keselamatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Dankodiklatal.

Pada bagian akhir amanatnya, Dankodiklatal menekankan kepada seluruh siswa agar tetap mempertahankan dan membina terus kondisi fisik serta mental yang sudah baik guna mendukung semua tugas pendidikan lanjutan sesuai kejuruan di Pusdik masing-masing.
“Jangan pernah melakukan pelanggaran yang bisa membuat saudara dikembalikan ke masyarakat karena menjadi prajurit TNI AL tentunya menjadi kebanggaan tersendiri baik keluarga maupun bagi siswa sekalian,” tegasnya.

Setelah pengambilan sumpah dan pelantikan para prajurit baru tersebut selanjutnya akan melanjutkan pendidikan Dasar Golongan dan Kejuruan di tiga Komando Pendidikan (Kodik)di bawah Kodiklatal yakni Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla), Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) dan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum).

Kodikopsla yang berlokasi di Ujung Surabaya akan dididik 286 siswa menjadi prajurit korps pelaut yang handal. Kodik paling banyak mendidik siswa adalah Kodikmar yang berlokasi di Gunungsari Surabaya. Kodikmar ini akan mendidik siswa Korps Marinir dengan jumlah 300 orang siswa. Sedangkan Kodikdukum yang berlokasi di Bumimoro akan mendidik 255 siswa. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini