- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – “Rekonsiliasi merupakan bagian dari mekanisme di dalam penyusunan dan penyampaian laporan keuangan TNI Angkatan Laut. Hal ini agar tercipta sinkronisasi data antara Badan Perencanaan, Badan Logistik dan Badan Keuangan di lingkungan TNI Angkatan Laut.

Demikian dikatakan Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Kodiklatal Kolonel Laut (S) Budi Wijaya Affandi saat membacakan sambutan Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, dalam acara Pembukaan Rekonsiliasi Internal Tingkat Satker Semester I TA 2024 UO TNI AL, bertempat di Gd. Moeljadi Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Kamis (11/07/2024).

Menurutnya, kegiatan Rekonsiliasi Internal yang akan dilaksanakan selama dua hari nanti dilaksanakan untuk menyelesaikan to do list dan tutup Periode Semester I TA. 2024 antara Badan Perencanaan, Badan Logistik dan Badan Keuangan Satker untuk memperoleh kesesuaian data keuangan, sehingga akan mempermudah dalam proses penyusunan laporan keuangan Semester I TA 2024 yang berkualitas, akurat dan akuntabel.

Sementara itu, Pgs. Sekdiskual Kolonel Laut (S) Hery Muhammad Nur Isa Z., saat membacakan sambutan Kepala Dinas Keuangan Angkatan Laut (Kadiskual) Laksma TNI Imam Subarkah menyampaikan bahwa, laporan keuangan Kemhan dan TNI TA. 2023 telah mendapat opini tertinggi dari BPK RI yaitu “Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)”, sama dengan perolehan opini laporan keuangan Kemhan/TNI pada tahun anggaran sebelumnya. Hal ini, merupakan suatu prestasi tersendiri bagi Kemhan dan TNI karena bisa mempertahankan opini WTP dalam 6 tahun secara berturut-turut sejak tahun 2018.

ads

“Oleh karena itu, hasil dari pelaksanaan Rekonsiliasi Internal tersebut diharapkan membantu memperbaiki data laporan keuangan menjadi lebih baik, transparan dan akuntabel terutama dalam laporan realisasi anggaran, neraca, laporan operasional dan laporan perubahan ekuitas”, terangnya.

Rekonsiliasi internal ini diikuti oleh Badan Perencanaan, Badan Logistik dan Badan Keuangan di masing-masing Satker dengan jumlah peserta sebanyak 875 peserta dari 143 Satker dan 23 Kuwil yang akan dilaksanakan di 4 tempat yaitu Makassar, Surabaya, Jakarta dan Belawan.

Adapun, untuk kegiatan Rekonsiliasi di Kodiklatal Surabaya melibatkan 48 Satker dengan jumlah peserta 294 personel yang pelaksanaannya selama 2 hari dimulai pada hari Kamis, 11 Juli s.d. Jumat 12 Juli 2024.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!