MetroTimes (Surabaya) — Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, M.Tr (Han) meninjau Latihan Praktek (Lattek) Pendidikan Komando (Dikko) Angkatan 168 siswa Marinir yang sedang melaksanakan latihan materi Dopper di Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran, Karangtekok, Asembagus, Situbondo, Kamis (21/4).

Kedatangan Dankodiklatal di daerah latihan Marinir yang didampingi Dirdok Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Kemas M. Ikhwan Madani, S.Sos, M.Si dan Dirlat Kodiklatal Laksamana Pertama TNI TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si disambut Komandan Kodikmar Brigadir Jenderal TNI Marinir Ili Dasili, S.E., beserta staff dan Danlanal Banyuwangi serta pejabat Puslatpur 5 Baluran.

Lattek materi Dopper yang merupakan rangkaian tahap Pendidikan Komando (Dikko) siswa Marinir angkatan ke-168 ini diikuti sebanyak 274 siswa, terdiri dari 25 siswa Taruna AAL korps Marinir tingkat II angkatan LIX dan sebanyak 249 merupakan siswa Dikmata TNI AL angkatan XLI/1 tahap sargolan kejuruan infanteri yang dikomandoi Komandan sekolah Tamtama Infanteri Marinir Mayor Marinir Nofry G.Kaloh

Latihan Dopper merupakan suatu bentuk latihan yang keras tetapi terstruktur dan wajib diberikan kepada Prajurit Komando dalam tahap 1, dasar dan taktik komando pada Lattek pendidikan Komando Marinir angkatan 168 TA 2021. Latihan Dopper juga berguna untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan tempur sebagai calon prajurit petarung Korps Marinir saat bertugas di satuannya maupun ketika diterjunkan di daerah operasi sebenarnya.

Selain itu, latihan ini bertujuan untuk memberikan rasa percaya diri yang kuat, tabah, sabar dan keuletan yang tinggi serta dapat dengan cepat dan tepat mengambil suatu keputusan dalam suatu tekanan.

Dalam latihan ini, disimulasikan siswa melaksanakan tugas operasi tempur dengan medan lapangan yang berlumpur dan di bawah rentetan tembakan jarak dekat yang dilakukan musuh dengan amunisi tajam. Para prajurit komando dengan tekat dan keberanian serta ilmu yang dimiliki merayap sesuai jalur yang telah dibuat dan bergerak maju ke sasaran dan melumpuhkan target yang ada, meskipun desingan peluru berterbangan di sekitarnya.

Dankodiklatal saat peninjauan ini, memberi arahan dan penekanan kepada para pelaksana lattek dopper. “Pertama, kepada seluruh penembak, pelatih, instruktur, pembimbing serta pendukung agar tetap fokus dan jaga kesehatan karena materi Dopper ini membutuhkan tingkat konsentrasi dan skill yg tinggi. Kedua, perhatikan faktor keamanan dan keselamatan personel serta material sehingga pelaksanaan latihan dapat berjalan dengan aman dan lancar mulai dari awal sampai dengan selesai. Ketiga, awali setiap kegiatan dengan doa dan diakhiri dengan doa,” Tegas Letjen TNI Marinir Suhartono.

Pada kesempatan ini, Dankodiklatal juga meninjau fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki Puslatpurmar 5 Baluran diantaranya mess siswa, tempat mandi siswa, tempat air bersih serta fasilitas lainnya dan juga meninjau ke T12 Puslatpur 5 Baluran. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini