- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Sidoarjo) — Dalam rangka meningkatkan semangat bertempur di daerah operasi, ratusan prajurit Marinir Pasmar II mendapat pembekalan psikologi dari para perwira Dinas psikologi Angkatan Laut (Dispsial). Kegiatan terseut dilaksanakan, menjelang diberangkatkan ratusan prajurit Marinir untuk merebut Pulau White yang dijadikan batu loncatan negara musuh untuk mennyerang Indonesia.

Pembekalan terhadap prajurit petarung TNI AL tersebut, merupakan salah satu skenario dalam manuver lapangan yang dilaksanakan Satuan Tugas Latihan Operasi Dukungan (Latopsduk) TNI AL tahun 2022 yang dilaksanakan di Pusat Latihan dan pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil), Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan latihan TNI AL (Kodiklatal) yang berlokasi di Juanda, Sidoarjo, Senin (13/06).

Dalam latihan tersebut diskenariokan bahwa ada ancaman terhadap NKRI dari negara musuh yang akan menyerang beberapa wilayah strategis. Upaya diplomasi dari kedua belah pihak tidak membuahkan hasil. Justru, negara musuh memusatkan kekuatan militernya ke wilayah perbatasan dengan NKRI. Menanggapi perkembangan tersebut, Indonesia mengirimkan pasukan untuk menghancurkan kekuatan musuh di wilayahnya sendiri, yaitu Pulau yang dinamakan Pulau White.

Latihan Manlap tersebut merupakan kelanjutan dari proses latihan Pos Komando (Latposko) Latopsduk TNI AL di Gedung R. Sudomo Puslatopsla Kesatrian Kodiklatal Bumimoro, Surabaya tanggal 6-10 Juli 2022. Latposko merupakan latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan unyuk melatih unsur komandan dan staf dalam melaksanakan teknik, prosedur dan tata kerja yang berlaku untuk merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan serta mengendalikan suatu operasi.

ads

Tema Latopsduk kali ini adalah “Satgas Dukungan Intelijen, satgas Dukungan Informasi dan Satgas Dukungan Psikologi melaksanakan operasi dukungan intelijen, operasi dukungan informasi dan operasi dukungan prikologi di mandala operasi Jawa Timur dan sekitarya dalam rangka mendukung tugas pokok Kogab TNI”.

Adapun Latopsduk ini merupakan latihan TNI Angkatan Laut yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan personel TNI AL dalam pelaksanaan operasi dukungan Intelijen, Informasi, dan Psikologi guna mendukung tugas pokok Kogab TNI.
Bertindak sebagai Direktur Latihan dalam Latopsduk TNI AL tahun 2022 adalah Dankodiklatal Letnan jenderal TNI Marinir Suhartono. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!