- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya)  — Di hari ke-2 Pelaksanaan Latihan Praktek (Lattek) Pelayaran Gabungan Wira Jala Yudha (WJY) XIX Tahun 2023 Siswa Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal), Siswa dari Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) melaksanakan Latihan Pendaratan Amfibi yang digelar di Pantai Banongan Kabupaten Situbondo, Kamis (26/1/2023).

Latihan Pendaratan Amfibi bagi Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLII/1 TA 2022 Korps Marinir dilaksanakan secara terbatas, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur dan profesionalisme prajurit siswa yang telah mendapat ilmu pengetahuan dari para Pelatih maupun Instruktur dan juga telah dipraktekkan dalam Lattek Operasi Amfibi Siswa Kodikmar pada awal Januari 2023.

Latihan pendaratan diawali dengan Peran Sekoci dan Peran Docking yang dilaksanakan oleh Siswa Korps Bahari. Dibantu oleh Anak Buah Kapal (ABK) KRI Makassar-590, Siswa Korps Bahari melaksanakan proses penurunan sekoci dan penggenangan air untuk penurunan dua unit LCU (Landing Craft Utility) dan tiga unit LCVP (Landing Craft Vehicle Personel). Seluruh unit kendaraan yang merupakan bagian kelengkapan dari KRI Makassar-590 tersebut digunakan untuk mendaratkan pasukan ke Pantai Banongan.

Setelah Taklimat diucapkan maka seluruh siswa Korps Marinir yang telah siap tempur langsung meluncur menuju bibir pantai. Gelombang pertama menumbur pantai (Siswa Dikmata Marinir melaksanakan pendaratan menggunakan LCU dan LCVP), dilanjutkan Konsolidasi dan Perimeter Pantai. Setelah itu seluruhnya kembali menuju KRI Makassar-590 menggunakan LCU dan LCVP, dan dilanjutkan dengan Peran Sekoci dan Peran Undocking oleh siswa Korps Bahari. (nald)

ads

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!