- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Sebagai ujung tombak suatu proses pembelajaran, kualitas seorang tenaga pengajar amatlah penting. Kondisi tersebutlah yang mendasari Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) membuka Kursus Applied Approach (AA) Tahun 2022, yang dibuka langsung oleh Kepala Kelompok Tenaga Pendidik (Kapokgadik) Kodiklatal Brigadir Jenderal TNI Marinir Ichwan Dargianto di Gedung Krakatau Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Selasa (6/12).

Kursus yang akan berlangsung selama dua minggu dan diperuntukan bagi perwira tersebut, diikuti 40 orang peserta berpangkat Perwira Pertama (Pama) hingga Perwira Menengah (Pamen) dari berbagai satuan kerja jajaran Kodiklatal dengan menggandeng Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Turut hadir Sekretaris Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Profesi (LP3) Unesa Dr. Himawan Wismanadi, M.Pd , bersama beberapa Pengajar /Dosen dari Unesa.

Kapokgadik Kodiklatal dalam amanatnya menyampaikan bahwa TNI Angkatan Laut senantiasa meningkatkan profesionalisme prajurit, khususnya yang bertugas di lembaga pendidikan agar mempunyai kompetensi dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa sebagaimana yang dipersyaratkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.

β€œDan upaya itulah yang sekarang kita laksanakan dalam kursus AA TNI AL, sehingga ke depan tenaga pendidik di lingkungan TNI AL mampu mengikuti arah perkembangan dunia pendidikan nasional,” jelas Brigjen TNI Marinir Ichwan Dargianto.

Lebih lanjut ditambahkannya, seorang tenaga pendidik juga harus bisa mengarahkan siswa pada kondisi dan situasi yang kompleks agar siswa mampu menggabungkan antara kecerdasan, pengetahuan, kepribadian dan keterampilan sehingga mampu berpikir secara divergent atau menyebar .

β€œDi sisi lain kursus AA TNI AL ini juga wujud implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yakni tentang upaya membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang profesional, β€œ pungkas Brigjen TNI Marinir Ichwan Dargianto. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini