- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) — Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) siap mendidik 936 pemuda terbaik bangsa dari seluruh wilayah Indonesia, menjadi calon Prajurit TNI AL dalam Program Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan LXII Gelombang 2 TA 2022 di Pusat Latihan Pendididikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) di Juanda Sidoarjo , pada Senin (7/11).

Upacara pembukaan Dikmata TNI AL Angkatan XLII Gelombang 2 TA 2022 yang dilaksanakan di Lapangan Samudera Puslatdiksarmil tersebut, dipimpin langsung oleh Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono sebagai Inspektur Upacara, Turut hadir Wadan Kodiklatal, Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, Inspektur Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, Komandan Pasamar-2 Brigjen TNI Marinir Suherlan, para Direktur serta Komandan Kodik jajaran Kodiklatal,.

Dalam kesempatan tersebut Dankodiklatal menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh siswa, atas perjuangan mereka melewati rangkaian seleksi yang cukup panjang, mulai dari tingkat daerah hingga tingkat pusat hingga pada akhirnya dapat dinyatakan lolos mengikuti pendidikan Tamtama pada tahun ini.

Lebih lanjut kepada para siswa, Dankodiklatal menjelaskan jika pendidikan yang mereka tempuh ini akan dilaksanakan selama 9,5 sampai dengan 11 bulan yang terbagi dalam tiga tahap. Tahap pertama yakni Pendidikan Dasar Keprajuritan selama 3 bulan, dilanjutkan tahap kedua Pendidikan Dasar Golongan selama 2 bulan, yang semuanya dilaksanakan di Puslatdiksarmil. Sedangkan tahap akhir yakni tahap ketiga, adalah Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan ditiap2 Pusdik jajaran Kodiklatal yang dilaksanakan antara 4,5 bulan sampai dengan 6 bulan, sesuai korps atau kejuruan masing-masing.

ads

“Setelah upacara ini, para siswa mulai masuk Pendidikan Tahap Dasar Keprajuritan, dan akan mendapat pembinaan fisik dan mental, serta dasar-dasar kemiliteran secara intensif dan sistematis pada waktu siang maupun malam agar menjadi Prajurit Matra Laut dengan sikap mental, perilaku, dan postur sebagai seorang militer yang gagah dan tangguh, “ tegas Dankodiklatal.

Untuk itu Dankodiklatal pun memberikan sejumlah arahan dan petunjuk bagi siswa sebagai pedoman mereka mengikuti pendidikan, diantaranya supaya mereka patuh terhadap semua peraturan pendidikan. “Ikuti arahan Para Pelatih, Instruktur, dan Pembimbing Siiswa ( Bingsis) serta tanamkan disiplin yang tinggi selama mengikuti pendidikan, dan tumbuhkan kebanggaan menjadi Prajurit Matra Laut sebagai Garda Terdepan sekaligus Benteng Terakhir dalam menjaga Kedaulatan dan Keutuhan NKRI”, tandas orang nomor satu di jajaran Kodiklatal tersebut. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!