- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) — Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) siap mendidik Calon Perwira TNI AL yang memiliki kompetensi dan berkarakter kuat lewat program Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan LIII TA 2023. Kesiapan tersebut ditandai dengan Pernyataan Pembukaan Pendidikan dan Orientasi dan Penyematan Tanda Orientasi Siswa oleh Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, dalam upacara pembukaan yang digelar di Lapangan Laut Maluku Mako Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Kamis (16/3/2023).

Pembukaan Diktukpa TNI AL Angkatan LIII TA 2023 diikuti 217 Prajurit strata Bintara dari berbagai Kotama TNI AL, setelah sebelumnya dinyatakan lolos dalam sidang Penentuan Akhir (Pantukhir). 217 Prajurit ini terdiri Korps Pelaut 42 orang, Korps Marinir 25 orang sedangkan 150 orang lainnya Korps Teknik, Elektro, Suplai, Kesehatan, Khusus , Polisi Militer dan Hukum. Dari 217 siswa, 15 orang diantaranya adalah anggota Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal).

Bertindak sebagai Komandan Upacara dalam upacara ini, Letkol Laut (P) Yohanes Bagus Wibowo. Diktukpa ini merupakan wujud implementasi dari prioritas utama Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali , yang menekankan “Pentingnya pendidikan sebagai faktor utama pembentukan prajurit dengan pertimbangan berputarnya roda sebuah organisasi akan bertumpu pada kemampuan sumber daya manusianya”.

Hadir dalam pembukaan tersebut, Wadan Kodiklatal Laksda TNI Rachmad Jayadi, Irkodiklatal Brigjen TNI Mar Amir Faisol, Kapokgadik Kodiklatal Brigjen TNI Mar Ichwan Dargianto, para Direktur Kodiklatal dan para Komandan Kodik serta Puslat. Juga hadir Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Edy Haryanto mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah, dan Seklem AAL Laksma TNI Ni Ketut Prabawati mewakili Gubernur AAL Mayjen TNI Marinir Endi Supardi.

ads

Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono dalam sambutannya menyampaikan ucapkan selamat kepada 217 siswa atas keberhasilan melewati tahapan-tahapan seleksi yang telah ditetapkan dalam sebuah proses rekrutmen penerimaan calon siswa Diktukpa yang sangat ketat dan penuh tantangan. Kemauan dan kemampuan yang dimiliki serta ditunjang dengan kesamaptaan jasmani yang prima, maka para siswa lulus seleksi dan berhasil mengikuti pendidikan yang dibuka pada hari ini.

Rencananya para siswa akan mengikuti pendidikan pembentukan perwira selama delapan bulan, yang akan dilalui dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu pendidikan dasar golongan yang dilaksanakan di Puslatdiksarmil Juanda selama tiga bulan dan tahap kedua, pendidikan dasar golongan lanjutan yang akan dilaksanakan di Pusdik-Pusdik selama lima bulan.

Lebih lanjut Dankodiklatal mengungkapkan jika pendidikan perwira merupakan investasi jangka panjang yang akan menentukan kelangsungan dan kemajuan organisasi TNI AL dimasa mendatang. “Pendidikan pembentukan perwira yang Saudara ikuti sekarang, merupakan salah satu proses pembangunan sumber daya manusia TNI AL, sebagai bagian penting dari pembangunan kekuatan dan kemampuan TNI Angkatan Laut menuju TNI AL yang profesional, modern dan tangguh,” terang Dankodiklatal.

“Oleh karenanya sasaran output dari pendidikan ini adalah terwujudnya SDM perwira yang memiliki kompetensi dan berkarakter kuat, tidak saja cakap secara intelektual, namun kualitas moral sangat diutamakan, agar prajurit TNI AL khususnya pada strata perwira selalu melaksanakan tugasnya dilandasi dengan norma agama dan aturan hukum yang berlaku, “ tegas orang nomor satu di jajaran Kodiklatal ini. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!