- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) — TNI Angkatan Laut meningkatkan sinergitasnya dengan Philippine Navy (PN) dalam upaya melawan kekuatan musuh yakni para perompak yang menyerang obyek vital kedua kubu dalam sebuah peperangan laut. Hal tersebut terjadi saat simulasi Latihan Bersama atau Latma _Maritime Training Activity_ Philindo 2022, antara TNI AL dan Angkatan Laut Philippina yang dilaksanakan di ¬_Action Speed Tactical Trainer_(ASTT) Puslatlekdalsen Kodiklatal Bumimoro Surabaya, pada Kamis (6/10).

Latma MTA Philindo 2022 merupakan latihan bersama antara TNI AL Angkatan Laut (TNI AL) dengan Philipine Navy (PN) sebagai upaya peningkatan profesionalisme personel Angkatan Laut masing-masing negara dalam rangka menjaga keamanan perbatasan maritim kedua negara.

Latma MTA Philindo antara TNI AL dengan PN Yang di laksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL dan PN, Meningkatkan kerja sama, kesepakatan, dan hubungan militer antara kedua negara , serta menitik beratkan pada aspek Naval warfare yang gabungkan dengan elemen maritime security.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Latma MTA Philindo 2022 tidak hanya dilaksanakan dalam bentuk patroli sektor atau Patkor di perbatasan antara Indonesia dan Filipina, tetapi lebih pada aspek Peperangan Laut yang digabungkan dengan elemen Keamanan Laut . Menurut rencana agenda latihan akan berlangsung hingga 8 Oktober 2022 mendatang.

ads

Adapun Latihan Peperangan Laut (_Naval Warfare_) yang menjadi titik berat Latma MTA Philindo 2022 meliputi aspek AAW ( _Anti air Warfare_) , ASUW ( _Anti Surface Warfare_) , ASW ( _Anti Submarine Warfare_) , EW (_Elektronic Warfare_) , dan _Maritime Security_ ( Keamanan Laut) Khususnya MIO ( _Maritime Interdiction Operation_) dan optask ( _Operation tasking_), OCS Brief dan latihan simulasi peperangan.

Sementara itu di sela-sela latihan , salah satu pejabat delegasi PN yakni Capt Vincent J. Sibala selaku VIP/ Co-Exercise Director datang meninjau pelaksanaan latihan didampingi oleh Danpuslatlekdalsen Kolonel Laut (P) Irwan Shobirin, Danpuslatopsla Kolonel Laut (P) Donny Suharto. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!