- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) — Sebagai pasukan khusus TNI Angkatan Laut, prajurit Komando Pasukan Katak atau Kopaska harus bisa menggunakan berbagai jenis senjata untuk menembak. Untuk itu Sekolah Kopaska (Sekopaska) Pusdiksus Kodikopsla jajaran Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan TNI AL (Kodiklatal), menyelenggarakan Latihan Praktek Menembak yang diikuti siswa Pendidikan Kopaska Angkatan XLVI Tahun 2022.

Lattek Menembak yang dimulai sejak 28 November hingga 9 Desember 2022 ini diikuti sebanyak 55 orang siswa. Mengambil lokasi di Lapangan Tembak J.W. Kainama Kodiklatal, selama lattek seluruh siswa mendapat materi tentang Menembak Senjata Ringan, Menembak Senjata Bantuan, dan Menembak Senjata Sniper dengan jarak mulai 25 meter hingga 100 meter. Sedangkan untuk jenis senjata mulai dari pistol, senapan dan senjata mitraliur yang juga terdiri dari berbagai tipe.

Dansekopaska Kodiklatal Letkol Laut (P) Wido Dwi Nugraha mengungkapkan bahwa Lattek Menembak yang diselenggarakan oleh Sekopaska Pusdiksus Kodikopsla ini, merupakan kegiatan menembak yang menggunakan berbagai jenis senjata yang dimiliki oleh Kopaska, yang dilaksanakan secara terukur melalui tahapan, prosedur dengan penilaian sesuai ketentuan di TNI Angkatan Laut.

“Lattek menembak ini bertujuan membekali siswa dengan latihan menembak agar memiliki kemampuan dan keterampilan menembak berbagai jenis senjata sesuai prosedur dengan aman, sehingga mampu melaksanakan tugas tempur dan tugas khusus sebagai Wadanden, Danton, Dantim dan anggota tim di lingkungan Kopaska TNI AL,” jelas Dansekopaska.

ads

“Selesai latihan ini diharapkan siswa mampu mengerti dan memahami karakteristik berbagai jenis senjata dengan baik dan benar. Melaksanakan menembak berbagai jenis senjata dengan score minimal 75 sesuai prosedur dengan baik dan benar, dan melaksanakan pemeliharaan dan perawatan ringan berbagai jenis senjata dengan baik dan benar,” tambah perwira menengah dengan dua melati di pundak ini.

Letkol Wido Dwi Nugraha pun menambahkan bila Lattek Menembak ini merupakan upaya tindak lanjut dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono , terkait pembangunan SDM TNI AL yang unggul dan profesional seperti yang selalu ditekankan oleh Dankodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!