- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Siap menjadi Perwira tangguh, Kepala Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Kadisbintalal) Brigjen TNI Marinir Sandy Muchjidin Latief memberikan pembekalan kepada para Siswa Pendidikan Pertama Perwira (Dikmapa) PK Angkatan 30 A, 30 B Susgakes, dan Pendidikan Perwira Penerbang (Dikpabang) Prajurit Sukarela Dinas Pendek (PSDP) TNI AL Angkatan 33, bertempat di Gedung Soedomo JOPR Kodiklatal Bumimoro Surabaya. Selasa (23/01/2024).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 210 Siswa yang terdiri dari, Siswa Dikmapa PK 30 A (Korps Pelaut : 7 orang, Korps Teknik : 14 orang, Korps Elektronika : 15 orang, Korps Suplai : 9 orang, Korps Khusus : 67 orang, Korps Kesehatan : 4 orang, Korps Pomal : 3 orang, dan Korps Hukum : 17 orang). Sementara itu, Dikmapa PK 30 B Susgakes berjumlah 54 orang, sedangkan Dikpa Penerbang PSDP TNI AL sebanyak 20 orang.

Brigjen TNI Marinir Sandy dihadapan para Perwira Muda mengatakan bahwa, Disbintalal senantiasa berkomitmen dalam upaya menjaga mental ideologi bagi Prajurit/PNS dan keluarganya. Untuk itu, Disbintalal berupaya membuat terobosan kreatif dan inovatif memberi materi pembinaan ideologi dalam menghadapi degradasi moral akibat menurun pemahaman penghayatan dan pengamalan Pancasila.

Dalam materi pembekalannya, Kadisbintalal menjelaskan tentang 4 (empat) Pilar dan Strategi Disbintalal yakni, Pembinaan Rohani untuk membentuk Prajurit TNI AL yang religius; Pembinaan Tradisi Kejuangan untuk membentuk Prajurit TNI AL yang Militan; Pembinaan Ideologi untuk membentuk Prajurit TNI AL yang nasionalis sebagai warga negara yang baik; serta Bimbingan dan Konseling untuk membentuk Prajurit TNI AL berkarakter dan berbudi pekerti baik didukung keluarga yang harmonis.

ads

Selain itu, dijelaskan Brigjen TNI Marinir Sandy tentang apa yang harus dilakukan ketika para Perwira memasuki kedinasan, pertama mengenali lingkungan kerja, pemahaman tugas dan tanggung jawab, pengembangan keterampilan, etika dan profesionalisme, kerja sama tim, pengembangan jaringan, pemahaman kebijakan dan prosedur, kesehatan dan kesejahteraan, pengembangan pribadi, evaluasi diri, kepatuhan dan kepemimpinan, komunikasi yang efektif, serta waspada terhadap pelanggaran personel.

“Dengan persiapan yang baik dan komitmen untuk berkontribusi secara positif dalam pekerjaan Anda, maka Anda dapat sukses dalam peran sebagai Perwira Karier di TNI Angkatan Laut serta memberikan dukungan yang berarti kepada rekan-rekan Anda”, pesan Kadisbintalal di akhir pembekalannya.

Hadir dalam acara tersebut, Wadan Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono, Dirum Laksma TNI Dedy Junaidi, Dankodikdukum Laksma TNI Dr. Taufik Arief, Dankodikopsla Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah, para Danpusdik serta para Pejabat Kodiklatal lainnya.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!