- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) — Dalam rangka meningkatkan profesionalisme Perwira Kesehatan TNI AL, khususnya di bidang dukungan dan pelayanan kesehatan bagi Prajurit TNI AL maupun masyarakat umum, Perwira Siswa atau Pasis Pendidikan Spesialis Perwira Kesehatan (Dikspespa Kes) Angkatan XX Tahun 2022 Kodiklatal, menggelar Seminar Lesehatan dengan tema, “Berani Membuat Perubahan Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik Melalui Optimalisasi Dukkes Dan Yankes Guna Mewujudkan Kesehatan TNI AL Yang Profesional”.

Seminar Kesehatan yang dihadiri oleh para Kepala Fasilitas Kesehatan TNI AL di Wilayah Jakarta dan Surabaya tersebut, dibuka oleh Komandan Kodikdukum Laksamana Pertama TNI Budi Raharjo di Gedung Sudomo JOPR Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Rabu (23/11). Seminar turut dihadiri oleh para Direktur Kodiklatal, para Komandan Pusdik Jajaran Kodikdukum, serta Perwira Jajaran Pusdikkes.

Seminar Kesehatan ini merupakan tugas akhir Pasis Dikspespa Angkatan XX Tahun 2022, usai melaksanakan Pendidikan Spesialis Kesehatan Kematraan di Sepakes Pusdikkes selama 3 bulan, yang dilanjutkan 3 bulan dengan kegiatan teori dan praktek di tiga kesatuan kesehatan yaitu RSPAL dr. Ramelan, Ladokgi R.E. Martadinata dan Lakesla Drs. Med. R. Rijadi S, Phys.

Sebagai tugas akhir Pasis Dikspespa Kes Angkatan XX tahap kedua, seminar ini memiliki sasaran yakni didapatnya penyamaan persepsi dalam pelaksanaan Dukungan Kesehatan dan Pelayanan Kesehatan TNI AL pada latihan dan operasi. Seminar ini berupa saran dalam mengoptimalkan organisasi kesehatan tersebut sehingga dapat meningkatkan dan memperdalam pemahaman keilmuan kesehatan di lingkungan TNI AL, dengan harapan dapat menunjang keberhasilan tugas di bidang dukungan dan pelayanan kesehatan pada anggota dan keluarga.

Adapun topik yang dibahas dalam seminar antara lain Seminar tentang Hiperbarik dengan judul Optimalisasi Vo2max Prajurit Matra Laut Melalui Peran Lembaga Kesehatan Kelautan TNI Angkatan Laut Drs. Med. R. Rijadi S., Phys Guna Meningkatkan Kemampuan Tempur Prajurit Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut oleh Letkol Laut (K/W) Dr. dr. Titut Harmanik, M.Kes. Selanjutnya seminar tentang Kesehatan Gigi oleh Letkol Laut (K) drg. Muh.Arifin, Sp.Ort, M.Tr.Opsla yang mengusung judul Optimalisasi Penggunaan Alat Berbasis Digital Guna Meningkatkan Pengumpulan Data Gigi Antemortem Dalam Rangka Mendukung Tugas Ladokgi TNI AL R. E. Martadinata.

Berikutnya seminar tentang Kesehatan Umum dengan judul Optimalisasi Kolaborasi Interprofesional Melalui Lembar Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT) Guna Meningkatkan Keselamatan Pasien Dalam Rangka Mendukung Tugas Pelayanan Di RSPAL dr. Ramelan Surabaya, yang disampaikan oleh Letkol Laut (K) Pudji Agung Wibowo S., S.Kep.Ns., Letkol Laut (K/W) Sri Pudji Astuti, S.Tr.Kes., dan Letkol Laut (K/W) Oktaviani Ida, S.Gz. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini