- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – TNI Angkatan Laut dalam hal ini Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) dan Kepolisian Republik Indonesia dalam hal ini Lembaga Pendidikan dan Latihan (Lemdiklat) Polri melaksanakan Perjanjian Kerja Sama (PKS) bidang pendidikan. PKS ditandatangani Komandan Kodiklatal, Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono dan Kepala Lemdiklat Polri, Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel. Bertempat di Joglo Majapahit, Ksatrian Kodiklatal Bumimoro, Surabaya, pada Senin (13/6).

PKS dilakukan dalam rangka mewujudkan kerja sama dan sinergitas antara TNI AL dengan Polri (Kodiklatal dengan Lemdiklat Polri), terkait penyelenggaraan kegiatan terintegrasi pendidikan dan pelatihan, serta sertifikasi kompetensi.

Komandan Kodiklatal dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa dalam upaya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) matra laut, TNI AL selalu berusaha bersinergi dengan elemen bangsa yang lain. Sehingga penandatangan PKS merupakan wujud rasa taggung jawab, kepedulian dan rasa kebersamaan berkaitan pendidikan dan kepelatiuhan.

“Penandatanganan PKS ini merupakan langkah konkrit sekaligus bentuk komitmen abdi negara dalam meningkatkan mutu pendidikan TNI AL dan Polri. Di sisi yang lain, kerja sama ini juga turut mendukung pencapaian kinerja TNI AL dan Polri secara optimal dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, serta memberikan kontribusi yang positif bagi dunia pendidikan Indonesia,” ujar Dankodiklatal.

ads

Sementara itu, menanggapi PKS tersebut, Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengungkapkan bahwa hal ini merupakan sejarah bagi Polri karena baru pertama kalinya dilaksanakan PKS antara Korps Bhayangkara dengan TNI AL.

Adapun lingkup bidang yang menjadi fokus kerja sama meliputi Pertukaran Data atau Informasi, penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan latihan yang terintegrasi meliputi Kolaborasi dan Resiprokal, kemudian pelatihan kemampuan dan sertifikasi kompetensi, pemanfaatan sumber daya manusia, dan pemanfaatan sarana prasarana pendidikan dan pelatihan. Sedangkan peserta didik yang menjadi target sasaran yakni Dikmata, Dikmaba, Diktukba, Diktukpa, STTAL, STIK, dan Seskoal.

Penandatanganan PKS tersebut turut disaksikan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta Karojianstra SSDM Mabes Polri dan pejabat utama Lemdiklat Polri, para Pejabat Utama Kodiklatal, Wadan Seskoal dan Wadan STTAL. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!