- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Tourism Malaysia dan Malaysia Association of Tour and Travel Agents (MATTA) menyelenggarakan MTEX (MATTA Travel Exchange) Roadshow to Indonesian untuk menjalin kerjasama dengan asosiasi travel di Jawa Timur, guna mempromosikan wisata Malaysia sebagai top-of-mind destination.

 

Dan pada tanggal 15 Desember 2022 bertempat di Hotel Harris HR. Muhammad Surabaya, 20 pelaku industri wisata Malaysia hadir berjumpa dengan berbagai Asosiasi Travel Agents dari Jawa Timur untuk berbagi perkembangan pariwisata Malaysia.

ads

Direktur Tourism Malaysia, Junus Suhid mengatakan MTEX kembali hadir di Indonesia untuk menyediakan platform bagi pelaku industri Malaysia setelah sempat vakum selama pandemi. Khususnya travel agent anggota MATTA dan product owners guna membuat jejaring dalam mempromosikan produk/layanan mereka serta menumbuhkan peluang bisnis dengan travel buyers Jawa Timur di Surabaya.

Faidah Said menuturkan tujuan kedatangan Matta ke Indonesia untuk mempromosikan Malaysia sebagai tempat destinasi wisata yang pantas dikunjungi oleh masyarakat Jawa Timur, karena dari data yang masuk masyarakat Jawa Timur suka bepergian ke luar negeri.

Monas Tjahjono (wakil Ketua Asita Pariwisata DPD Jawa Timur) mengapresiasi MTEX ini karena menjadi bukti adanya upaya pemulihan kembali pariwisata, artinya roadshow ini menjadi langkah nyata mempertemukan seller dan buyer dari Malaysia dan Jawa Timur. Karena Jawa Timur dan Malaysia merupakan dua tempat destinasi wisata yang punya daya jual kuat.

“Dengan adanya penerbangan langsung dari Surabaya ke Kuala Lumpur Malaysia, menunjukkan bisnis pariwisata bisa bergerak cepat, dengan demikian Jawa Timur dan Malaysia diuntungkan karena masing-masing merupakan pasar utama. Jadi mari kita perkuat bisnis pariwisata antara Malaysia dengan Indonesia, khususnya Jawa Timur,” tutur Monas.

Ketua OPD ASITRA Jatim sekaligus Owner Sinar Purnama Swan Holiday Tour and Transport, H.Wahyu Widya menyampaikan, sangat berterima kasih karena bisa berkolaborasi dan bekerjasama kembali dengan Matta.

Mengingat pihaknya juga diberi ruang untuk bekerjasama dalam produk UMKM Jawa Timur dan rekan-rekan dari Malaysia ini juga memperkenalkan produk travel agen di Surabaya. Wahyu juga berharap teman-teman travel agen Surabaya yang berjualan untuk dapat menarik customer, tentunya ada peningkatan yang signifikan. Dari data di Malaysia, Indonesia menduduki peringkat 3 besar, negara yang suka berkunjung ke Malaysia.

Menurutnya, banyak hal yang kurang atau perlu di pelajari dari beberapa destinasi Malaysia seperti Genting Higlands dengan beberapa objek di antaranya Naik Cable Car atau Gondola, mengunjungi Chin Swee Tempe, menikmati Sky Symphony: Theatre of Lights and Sound, mengunjungi Seni Kome Péng Hēng – East Coast arts and cultural Centre, Jungle Trekking, menikmati Kuliner, Nonton Konser, Show, dan Event lain, Petronas Twin Tower dan beberapa tempat maupun produk dari Selangor sendiri.

Untuk itu dirinya juga berharap adanya keterlibatan media yang bisa berangkat ke Malaysia.

“Harapan saya teman-teman assosiasi bisa mengajak beberapa wartawan yang hadir saat ini untuk berkunjung ke Selangor Malaysia, supaya para media benar-benar mengetahui dan merasakan serta menceritakan kembali keadaan yang ada di sana, sehingga diharapkan mampu mendongkrak pasar pariwisata Selangor di Jawa Timur,” pungkasnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!